• Selasa, 9 Agustus 2022

Gebrakan Yellow Clinic di Bulan Kemerdekaan RI, Terjunkan Mobil Klinik Umum dan Gigi: Sehatkan Warga Bogor

- Rabu, 3 Agustus 2022 | 04:33 WIB
Gebrakan Yellow Clinic di bulan Kemerdekaan RI sigap terjunkan Mobil Klinik Umum dan Gigi komit sehatkan warga Kabupaten Bogor (AG Sofyan)
Gebrakan Yellow Clinic di bulan Kemerdekaan RI sigap terjunkan Mobil Klinik Umum dan Gigi komit sehatkan warga Kabupaten Bogor (AG Sofyan)
 
 
 
SUARAKARYA.ID: Gebrakan Yellow Clinic (YC) di awal bulan Kemerdekaan RI, Agustus 2022 kembali beraksi dengan menggelar bakti sosial (baksos) pemeriksaan kesehatan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat. 
 
Kali ini Yellow Klinik menggelar baksos untuk pengobatan umum dan pemeriksaan gigi dan mulut di Desa Sukamanah, Kecamatan Mega Mendung Kabupaten Bogor, Senin (1/8/2022).
 
Acara yang dihelat di lapangan Desa Sukamah dihadiri langsung Ketua Yellow Clinic J Dwihartanto, Sekretaris YC dr Linda Lukitasari, Koordinator Tim Tenaga Kesehatan (Nakes) YC dr Ayu Amelinda, Kepala Desa Sukamanah Ismail, Ketua Tim Penggerak PKK Desa Sukamanah Irmayani dan diikuti 500 warga yang ingin mendapatkan sentuhan Tim YC. 
 
 
Dalam acara tersebut, YC mengerahkan skuadnya sejumlah dokter umum dan dokter gigi, perawat serta tenaga kesehatan. 
 
Masyarakat Mega Mendung tersebut makin terlayani kesehatannya dengan hadirnya mobil klinik umum dan mobil klinik gigi milik YC, yang dilengkapi dengan fasilitas penunjang untuk cek gigi dan mulut secara modern. 
 
Ketua Yellow Clinic J Dwihartanto menjelaskan kegiatan bakti sosial di wilayah Mega Mendung ini sudah dilakukan untuk kedua kalinya. 
 
 
Dua bulan lalu, kata dia, YC berkolaborasi dengan Ikatan Isteri Partai Golkar (IIPG) Pusat yang dipimpin Yanti Airlangga Hartarto telah melaksanakan vaksinasi dosis kedua untuk memberikan imun mencegah penularan dan penyebaran Covid-19. 
 
"Ini sudah yang kali kedua kita melakukan bakti sosial di Desa Sukamanah. Yang pertama kita melakukan vaksinasi bersama IIPG. Kemudian yang kedua, kita melakukan bakti sosial berupa pemeriksaan umum, gigi dan mulut," ujar J Dwihartanto kepada suarakarya.id di lokasi bakti sosial. 
 
 
"Kita bawa beberapa dokter umum dan dokter gigi dengan didukung dua unit mobil yakni satu mobil klinik umum dan satu mobil klinik gigi untuk melayani pemeriksaan penyakit-penyakit secara umum, seperti sakit kepala, hipetensi, batuk pilek, nyeri, diare, dan gatal-gatal, Sedangkan dokter gigi, kita terjunkan untuk pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut. Seperti pembersihan karang gigi dan pemeriksaan gigi susu anak-anak" imbuhnya. 
 
Pastikan Warga Sehat
 
Dwihartanto menegaskan kegiatan bakti sosial YC tersebut di sejumlah daerah termasuk di Mega Mendung, Kabupaten Bogor sesuai dengan amanat dan arahan dari Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang juga Pendiri Yellow Clinic. Bahwa setelah pandemi masih ada hal-hal yang lain yang perlu diperhatikan di masyarakat yakni memastikan kesehatan mereka sehingga dengan telah sehat bisa bekerja secara produktif untuk pemenuhan ekonomi keluarga. 
 
 
Ketua Yellow Clinic J Dwihartanto didampingi dokter Linda Lukitasari dan dokter Ayu Amelinda berinteraksi dengan Neneg, warga Desa Sukamanah, Mega Mendung yang memeriksakan kesehatan gigi dengan pelayanan mobil klinik gigi Yellow Clinic (AG Sofyan)
"Yang pertama ditekankan oleh Pak Airlangga adalah bagaimana YC ini terus bisa hadir untuk memastikan terpenuhinya kesehatan masyarakat. Sekali pun ancaman Covid sudah tidak seperti saat genting-gentingnya virus mematikan ini menyebar secara masif. Faktor kesehatan ini yang menjadi perhatian beliau yang dititipkan kepada kami di YC dengan telah tersedianya dua
mobil klinik yang bisa mobile setiap. waktu sesuai kebutuhan warga. 
Kita siap dan sigap menjemput bola. Selain yang sudah ada klinik YC di beberapa provinsi, seperti di Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah, Sumatera bahkan NTT," urai aktivis kemanusiaan ini. 
 
Wakil Bendahara PMI Pusat ini mengungkapkan YC akan bergerak lebih intens ke kota-kota kecil dan desa-desa dengan melaksanakan bakti sosial berupa pemeriksaan kesehatan dan pengobatan secara gratis.
 
 
"Harapan kita dengan adanya kegiatan bakti sosial seperti ini, masyarakat di tingkat akar rumput selalu sehat sehingga ekonomi warga kembali bangkit. Itu tagline Yellow Clinic, sesuai dengan keinginan Pak Airlangga Hartarto. Yellow Clinic harus hadir untuk Indonesia sehat," tegas Fungsionaris Pusat Partai Golkar ini. 
 
Dwihartanto menambahkan, bakti sosial Yellow Clinic akan berlanjut di Jawa Barat, Jawa Tengah dan, Jawa Timur.
 
"Waktu erupsi Gunung Semeru, tim YC sudah terjun langsung hingga waktu yang cukup lama di Provinsi Jatim. Di Jawa Tengah, YC juga melaksanakan bakti sosial bersama Ketum Airlangga dipusatkan di Kota Salatiga. Hari ini di Kabupaten Bogor di Jawa Barat. Kegiatan ini akan bergulir terus. Dan kita ajak kepada para bakal caleg Partai Golkar yang memang ingin membuat konstituennya sehat, mari kita bersama-sama dengan Yellow Clinic -yang didirikan oleh Pak Airlangga Hartarto- kader-kader terbaik Beringin tersebut bisa turun ke daerah," pungkasnya.
 
 
Legacy Berlanjut
 
Sementara itu, Kades Sukamanah Ismail bersama warganya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Yellow Clinic atas peran aktif selama dua kali ini melakukan kegiatan baksos untuk warga Mega Mendung. 
 
"Dengan perhatian seperti ini, artinya pendiri YC, Pak Airlangga telah menyatu secara emosional dan batin dengan warga kami. Karena saat beliau di DPR RI waktu itu, kami adalah konstituennya. Dan alhamdulillah saat sekarang legacy bisa dilanjutkan oleh putranya, Mas Ravindra yang telah menjadi anggota dewan di Senayan. Dan ini tentu sangat membantu pula untuk sosialisasi pendiri Yellow Clinic Pak Airlangga sebagai Capres 2024," ungkap Ismail. 
 
Sekretaris Yellow Clinic dr Linda Lukitasari didampingi Koordinator Tim Tenaga Kesehatan (Nakes) YC dr Ayu Amelinda mengamati pemeriksaan yang dilakukan Tim YC untuk kebutuhan kesehatan umum, gigi, dan mulut warga Desa Sukamanah, Mega Mendung, Kabupaten Bogor (AG Sofyan)
 
 
Ismail bertutur, dengan adanya mobil klinik gigi akan banyak masyarakat
yang ingin mendapatkan pelayanan gigi dan mulut. 
 
"Pemeriksaan gigi, ini jarang sekali dilakukan masyarakat. Karena biayanya yang cukup mahal. Sehingga dengan adanya bantuan pemeriksaan gigi dari Yellow Clinic, dengan peralatan yang lengkap ini tentu masyarakat sangat bergembira sekali," ucap Ismail.
 
Sementara Tokoh PKK Desa Sukamanah Irmayani mengaku sangat berharap Airlangga terpilih sebagai Presiden RI. 
 
 
"Karena dari program-programnya yang dilakukan terutama di bidang perekonomian, banyak yang dirasakan manfaatnya untuk kaum. perempuan dan anak-anak. Salah satunya banyak kios-kios rumahan yang terbantu dengan program BLT UMKM, maupun KUR. Termasuk PKH bagi warga yang kita bina karena masuk sebagai warga pra-sejahtera," tutur Irmayani. 
 
Sementara itu, Sekretaris Yellow Clinic (YC) dr Linda Lukitasari menjelaskan YC adalah badan pelayanaan kesehatan di bawah Yayasan Cipta Karya Medika.
 
 
"Kegiatannya, sebenarnya tidak hanya bakti sosial. Tapi Yellow Clinic itu selain ada bakti sosial pemeriksaan gigi, kemudian juga pemeriksaan oleh dokter umum. Kami juga telah melakukan vaksinasi dari program pemerintah. Vaksinasi mulai dosis satu hingga booster di berbagai daerah nusantara," ujarnya
 
Linda menambahkan, YC ini sebenarnya ada di beberapa daerah. Kebetulan ada kurang lebih ada 15 tempat. YC tidak hanya ada di Jawa tapi juga ada di Sumatera. Termasuk juga NTT. 
 
 
"Memang belum semua kabupaten dan kota ada. Tapi kami sudah ada kurang lebih 15 klinik," jelas Ketua Bidang Unit Donor Darah PMI Pusat ini. 
 
Selain kegiatan baksos, YC ini, kata dia juga melaksanakan kegiatan lainnya. 
 
"Yaitu misalnya untuk mencegah stunting, yang menjadi concern program pemerintah. YC juga melakukan edukasi dan literasi pencegahan stunting maupun pemberian vitamin dan asupan cukup kepada anak-anak yang kekurangan gizi di beberapa daerah," jelas Linda.***
 
 

Editor: Markon Piliang

Sumber: Liputan langsung narasumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Puasa Tasua dan Asyura, Ini Keutamaannya

Minggu, 7 Agustus 2022 | 09:00 WIB

Masjid Harus Jadi Pusat Pemberdayaan Masyarakat

Minggu, 7 Agustus 2022 | 06:54 WIB
X