• Senin, 26 September 2022

Waspada Cacar Monyet, Sudah Menjadi Darurat Global, Bagaimana Indonesia?

- Senin, 25 Juli 2022 | 10:14 WIB
Gejala cacar monyet mirip dengan cacar pada manusia (Ist)
Gejala cacar monyet mirip dengan cacar pada manusia (Ist)

SUARAKARYA.ID: Setelah terbebas dari pandemi covid-19, kini masyarakat dunia mulai khawatir dengan penyakit Cacar Monyet. Selain berbahaya penyakit ini juga berpotensi menjadi pandemi seperti covid-19.

Organisasi kesehatan dunia WHO menyebut cacar monyet atau monkeypox bisa ditetapkan sebagai Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) atau kedaruratan kesehatan masyarakat yang meresahkan dunia.

Berkaca dari COVID-19 yang juga ditetapkan sebagai darurat kesehatan dunia, mungkin saja cacar monyet juga akan menjadi pandemi.

Baca Juga: Ditemukan Virus Cacar Monyet Dalam Cairan Sperma Pria Yang Berhubungan Seks Sesama Jenis

Baca Juga: Irjen Pol Ferdy Sambo Dinonaktifkan, Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono Ambil Alih Sementara

Cacar monyet sendiri sebenarnya bukanlah penyakit baru. Penyakit ini pertama kali diidentifikasi di laboratorium pada tahun 1958. Baru pada tahun 1970, penyakit ini dicatat sebagai kasus pertama cacar monyet pada manusia di Republik Demokratik Congo.

Meski dikatakan cacar monyet dan bisa menyerang manusia, namun penyakit ini tidak terlalu berbahaya bagi manusia yang pernah menerima vaksin cacar. Karenanya Cacar Monyet tidak terlalu berpotensi jadi pandemi.

Walaupun dikatakan kecil kemungkinan jadi pandemi, namun tetap saja kita harus waspada. Penetapan status PHEIC untuk cacar monyet memang ditujukan untuk meningkatkan kewaspadaan ekstra.

Virus cacar monyet sendiri masih satu keluarga dengan virus cacar yang ada pada manusia. Maka bagi mereka yang kelahiran tahun 80-an kebawah biasanya sudah menerima vaksin cacar ini. Sehingga pada mereka yang sudah menerima vaksin cacar penyakit ini tidak terlalu berbahaya.

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kemenag Luncurkan Program Madrasah Digital di MAN 1 Medan

Minggu, 25 September 2022 | 11:49 WIB

Umsida - Desa Madiredo Kerja Sama Tangani Sampah Plastik

Sabtu, 24 September 2022 | 16:22 WIB
X