• Minggu, 4 Desember 2022

BPJS Ketenagakerjaan Kediri Sosialisasikan Manfaat Program Pada Peserta BPU

- Kamis, 21 Juli 2022 | 15:45 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

SUARAKARYA.ID: BPJS Ketenagakerjaan Kediri semakin agresif menggelar sosialisasi terkait pentingnya manfaat jaminan sosial ketenagakerjaan. Sosialisasi kali ini digelar menggunakan zoom meeting.

BPJS Ketenagakerjaan memberi sosialisasi kepada sekitar 100 peserta Bukan Penerima Upah (BPU) dari kalangan Mitra Gojek di Wilayah Kediri, yang digelar dalam 2 sesi.

Menurut Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kediri, Suharno Abidin, risiko atas pekerjaan dapat terjadi pada siapapun termasuk para Mitra Gojek. "Kami hadir untuk memberikan perlindungan atas risiko-risiko yang kemungkinan terjadi akibat aktivitas kerja," ujarnya, Kamis (21/7/2022).

Baca Juga: Razman Arif Nasution Disarankan Kuliah Sarjana Hukum Lagi di Universitas Milik Yayasan Resmi

Mayoritas Mitra Gojek ini dilindungi dalam 2 program seperti Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM). Untuk ikut program ini, mereka hanya dikenai iuran sebesar Rp16.800 per bulan.

Jika ingin ikut pada program Jaminan Hari Tua (JHT), kata Suharno Abidin, para Mitra Gojek hanya perlu menambah iuran mulai dari Rp20 ribu bulan. Sehingga kalau ikut dalam 3 program BPJS Ketenagakerjaan, hanya perlu membayar iuran sebesar Rp36.800 per bulan.

Manfaat dari menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, kata dia, sangat banyak dan tak sebanding dengan premi yang dibayarkan. Terutama jaminan perawatan tanpa batas hingga sembuh bagi peserta yang mengalami kecelakaan kerja sesuai indikasi medis.

Baca Juga: Razman Arif Nasution, Begini Nasibnya Pasca Gertak Irjen (Pur) Pol Ricky Sitohang

Jika dalam masa pemulihan peserta tidak dapat bekerja untuk sementara waktu, BPJS Ketenagakerjaan juga akan memberikan Santunan Sementara Tidak Mampu Bekerja (STMB) sebesar 100 persen upah yang dilaporkan selama 12 bulan pertama, dan 50 persen untuk bulan selanjutnya hingga sembuh.

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Blacktide, Suplemen Pendukung untuk Kesehatan

Rabu, 30 November 2022 | 08:21 WIB
X