• Senin, 26 September 2022

Universitas Borobudur, Tjoetjoe Sandjaja Hernanto Lulus Doktor Ilmu Hukum Dengan Cumlaude 

- Sabtu, 16 Juli 2022 | 20:06 WIB
Usai sidang doktor Tjoetjoe Sandjaja Hernanto.
Usai sidang doktor Tjoetjoe Sandjaja Hernanto.
 
 
SUARAKARYA.ID: Universitas Borobudur luluskan Tjoetjoe Sandjaja Hernanto sebagai doktor, pada sidang   terbuka berjalan yang lancar dan sukses.
 
Sidang berlangsung di Aula Lantai 8 Universitas Borobudur, Sabtu (16/7/ 2022). Di mana Tjoetjoe Sandjaja Hernanto dikenal sebagai seorang praktisi hukum andal dan profesional di Indonesia. 
 
Pemimpin Kongres Advokat Indonesia (KAI) yang disidangkan di Universitas Borobudur tersebut, dikenal memiliki dedikasi, integritas dan profesionalisme. 
 
 
Selain itu, Tjoetjoe juga dikenal sebagai kurator, advokat utama, likuidator, auditor hukum, asesor advokat serta instruktur utama yang tersertifikasi.
 
Usai acara sidang doktor, Tjoetjoe mengatakan, dirinya tengah memperjuangkan sistem organisasi advokat multibar. Dia memperjuangkan sistem organisasi advokat yang tadinya singlebar menjadi multibar, serta juga turut memperjuangkan perubahan Undang-Undang Advokat sejak tahun 2011 lalu.
 
Dia juga menyoroti sistem organisasi advokat di Tanah Air dan praktik di lapangan yang sifatnya multibar. Dikemukakannya, dengan sistem itu terdapat banyak organisasi advokat
 
 
Sehingga, KAI ingin semua organisasi advokat hanya memiliki satu regulator. Agar segala aturan-aturan di dunia organisasi advokat mendapatkan perlakuan yang setara, seperti yang telah dibahas dalam rakernas. 
 
Regulator tersebut guna mengatur semua kebijakan organisasi advokat, termasuk menerapkan satu kode etik, satu Dewan Kehormatan, satu standar profesi advokat, satu Komisi Pengawas Advokat, serta satu standar pendidikan advokat (termasuk pendidikan lanjutan) hingga satu standar kompetensi advokat.
 
“Semuanya ada di buku yang saya tulis. Ke depan, kami akan membawa pemikiran ini kepada pemerintah dan DPR untul dapat direalisasikan,” tuturnya.
 
Co Promotor dalam sidang kali ini Dr Laksanto Utomo SH MHum, menilai, Tjoetjoe Sandjaja Hernanto memang sangat layak lulus dengan predikat cumlaude. Karena, materi sidang yang dibawakan tepat dengan kondisi dan situasi yang ada saat ini.
 
 
“Karena pada faktanya kan saat ini Mahkamah Agung memberikan izin kepada beberapa organisasi, tidak hanya 4 atau 5,namun mungkin ada 10. Nah, ini merupakan konsep yang sangat bagus, yang dibawa Doktor Tjoetjoe, hingga membuka mata kita," ungkapnya. 
 
Agar segera dibuat konsep akademis. Untuk disampaikan kepada Kemenkumham, dan juga DPR selaku legislatif.***

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kemenag Luncurkan Program Madrasah Digital di MAN 1 Medan

Minggu, 25 September 2022 | 11:49 WIB

Umsida - Desa Madiredo Kerja Sama Tangani Sampah Plastik

Sabtu, 24 September 2022 | 16:22 WIB
X