• Selasa, 6 Desember 2022

Bansos, Presiden Joko Widodo Kunjungi Pasar Petisah Medan Cek Penyaluran

- Sabtu, 9 Juli 2022 | 05:19 WIB
Presiden Joko Widodo (kiri) kunjungi Pasar Petisah, Medan didampingi Dirjen Dayasos Kemensos Edi Suharto (baju batik).
Presiden Joko Widodo (kiri) kunjungi Pasar Petisah, Medan didampingi Dirjen Dayasos Kemensos Edi Suharto (baju batik).
 
 
SUARAKARYA.ID: Bantuan sosial (Bansos) mendapat perhatian serius dari Presiden Joko Widodo. Terlebih penyalurannya, apakah benar sudah tersalurkan  dan tepat sasaran. 
 
Guna mencek penyaluran bansos secara langsung, Presiden Joko Widodo bersama Ibu Iriana Joko Widodo mengunjungi Pasar Petisah,  di Kota Medan, Sumatera Utara, Kamis (7/7/2022). 
 
Tidak hanya melihat dan mencek penyaluran bansos, pada kunjungan yang merupakan agenda pertama kunjungan kerja di Medan tersebut, Presiden juga menyalurkan bantuan sosial.
 
 
"Saya berharap bantuan dari pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) ini bisa tersalurkan dengan tepat ke seluruh penerima dan bermanfaat untuk semua," ujarnya, di hadapan masyarakat yang hadir.
 
Adapun bansos yang disalurkan adalah bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), BPNT/Sembako, BLT Minyak Goreng, Bantuan Atensi, serta Bantuan Modal Kerja. 
 
Tahun 2022 Kemensos telah menggelontorkan bantuan PKH senilai Rp731,5 milyar yang dilakukan dalam 2 tahap di Sumatera Utara. Tahap pertama diberikan kepada 434.780 KPM, dan pada tahap kedua disalurkan pada 423.322 KPM. 
 
 
Sementara itu, BLT minyak goreng didistribusikan secara simbolis  kepada 95 perwakilan KPM, di mana masing-masing KPM menerima bantuan senilai Rp300 ribu. Sedangkan, bantuan Atensi disalurkan kepada 10 KPM dalam bentuk barang dengan nilai Rp6 juta per KPM. 
 
Barang yang disalurkan berupa bantuan modal usaha, nutrisi, sembako, serta alat bantu disabilitas. Selain bansos,  Presiden juga menyerahkan Bantuan Modal Kerja (BMK) kepada 100 KPM. 
 
Dirjen Pemberdayaan Sosial Edi Suharto, yang hadir mewakili Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mendampingi Presiden pada kunjungan tersebut. Dia mengatakan, bantuan ini merupakan bantuan untuk peningkatan modal usaha.
 
 
"BMK ini tujuannya untuk penambahan modal usaha.  Kami mengalokasikan dana Rp1,2 juta per KPM," jelasnya. 
 
Usai mengunjugi Pasar Petisah, Presiden bertolak  ke Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS), untuk meninjau proses penelitian minyak goreng merah di Kampung Baru Kota Medan. Pada agenda terakhir, Presiden menghadiri dan memberikan sambutan pada Acara Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 29 Tahun 2022 di Lapangan Merdeka Medan.***

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

HUT Ke - 64, Pemprov NTB Gelar Donor Darah

Selasa, 6 Desember 2022 | 18:15 WIB

Blacktide, Suplemen Pendukung untuk Kesehatan

Rabu, 30 November 2022 | 08:21 WIB
X