• Selasa, 16 Agustus 2022

BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Rungkut Gelar Sosialisasi Masif Di Komunitas KBOS

- Selasa, 28 Juni 2022 | 17:32 WIB
BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Rungkut berusaha memberi perlindungan bagi para driver ojol
BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Rungkut berusaha memberi perlindungan bagi para driver ojol


SUARAKARYA.ID: BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Cabang Surabaya Rungkut menggelar sosialisasi masif di kalangan ribuan mitra ojek online (ojol) dalam acara Anniversary KBOS (Kuda Besi Online Sidoarjo) Nusantara ke-2 yang digelar di Trawas, Mojokerto, pada Jum'at (28/6/2022) lalu.

Menurut Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Rungkut, Rudi Susanto, pihaknya ikut terlibat karena kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk menjalin keakraban sekaligus media untuk sosialisasi tentang pentingnya mengikuti Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Terutama di kalangan driver ojol di wilayah Jawa Timur.

Hingga saat ini, jumlah keanggotaan dibawah naungan KBOS Nusantara yang telah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan sudah mencapai kurang lebih 300 driver. "Kami berharap jumlah kepesertaan ini secara bertahap akan terus bertambah," ujarnya.

Baca Juga: PT Smelting Lindungi Ribuan Pekerja Rentan Lewat Program GN Lingkaran BPJS Ketenagakerjaan Gresik

KBOS Nusantara sendiri merupakan komunitas relawan, wadah ambulance dan bencana yang dibentuk sebagai sarana mempererat komunikasi setiap driver ojol. Dalam berbagai pertemuan, mereka ikut membantu mensosialisasikan pentingnya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Dalam kesempatan itu, Rudi Susanto mengingatkan bahwa profesi driver ojol memiliki resiko yang cukup tinggi dan harus dilakukan persiapan terkait resiko yang akan dihadapi ketika menjalani profesi tersebut. “Dengan menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, resiko sosial ketika terjadi musibah akan kami ambil alih,” tegasnya.

Dia kemudian menjelaskan tentang program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) yang merupakan jaminan pengobatan sampai sembuh dan sampai bisa kerja kembali bagi peserta yang mengalami kecelakaan.

Baca Juga: PJB Dan PT Indonesia Comnets Plus Kerja Sama Terkait Keandalan Sinyal Telekomunikasi

Sedangkan program jaminan kematian (JKM) adalah santunan kematian sebesar Rp42 juta bagi ahli waris dan ada juga manfaat beasiswa pendidikan bagi anak peserta hingga ke perguruan tinggi.

"BPJS Ketenagakerjaan adalah badan penyelenggara pemerintah yang merupakan perpanjangan tangan untuk memberikan jaminan sosial bagi pekerja formal maupun informal. Termasuk bagi mereka yang berprofesi sebagai driver ojol,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Khasiat Buah Kecapi yang Sudah Langka di Jakarta

Senin, 15 Agustus 2022 | 12:49 WIB
X