• Minggu, 3 Juli 2022

Pertemuan Pertama Para Menkes G20 Digelar Hari Ini Di DIY, Apa Yang Dibahas?

- Senin, 20 Juni 2022 | 11:12 WIB
dr Nadia Tarmizi. (Kemenkes RI.)
dr Nadia Tarmizi. (Kemenkes RI.)

SUARAKARYA.ID: Pertemuan pertama tingkat Menteri Kesehatan Negara Anggota G20 atau The 1st G20 Health Ministers Meeting (HMM) digelar di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Senin (20/6/2022)hari ini hingga Selasa (21/6/2022) besok.

Pertemuan yang digelar Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) ini dilaksanakan secara hybrid dan dihadiri oleh Menteri Kesehatan negara anggota G20 serta undangan khusus, seperti Direktur Jenderal WHO, CEO CEPI, Sekjen OECD, dan Direktur Eksekutif Global Fund dan GISAID.

"Pertemuan ini menjadi momentum penting bagi G20 untuk menggalang dukungan dalam rangka meningkatkan kapasitas sistem Kesehatan nasional, regional dan global,," kata Juru Bicara G20 Kemenkes dr Siti Nadia Tarmizi. M Epid, Jumat (17/6/2022).

Baca Juga: Puluhan Peserta Reuni SMA Negeri 3 Malang Mendapat Thiwul Instant Dan Berbagai Cindera Mata

Pertemuan pertama ini bertujuan untuk menggalang dukungan dari Menteri Kesehatan G20 dalam upaya memperkuat sistem Kesehatan global serta penggalangan dana untuk menghadapi pandemi selanjutnya.

''Kerja sama global sangat penting untuk mengatasi pandemi saat ini dan memastikan kita siap menghadapi pandemi selanjutnya," ucap dr Nadia pula dalam konferensi pre-event The 1st G20 HMM tersebut.

Hal ini sejalan dengan tema besar Presidensi G20, yakni ''Strengthening Global Health Architecture, with Building Global Health System Resilience and Mutual Recognition for International Mobility, and Manufacturing Hub and Research,'' yang menekankan pada tiga isu prioritas.

Baca Juga: BPJS Ketenagakerjaan Sosialisasikan Prosedur Klaim Kecelakaan Kerja Seluruh Puskesmas Kediri

Adapun ketiga isu penting yang dibahas dalam HMM adalah sebagai berikut:

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Sumber: Kemenkes RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X