• Jumat, 9 Desember 2022

Masyarakat Ambon Minta Gerai Ritel Modern Dibatasi Karena Mematikan UMKM Setempat

- Kamis, 26 Mei 2022 | 10:11 WIB
Gerai Modern Di Ambon (Istimewa)
Gerai Modern Di Ambon (Istimewa)



SUARAKARYA.ID: Masyarakat Kota Ambon dan bahkan warga Provinsi Maluku meminta   batasi izin pendirian gerai modern di daerah ini. Karena kahadiran Gerai Ritel Modern mematikan UMKM setempat.

Di antaranya Alfa Midi dan Indomart tumbuh di mana mana seantero kota. Ini membuat pelanggan UMKM lebih pilih berbelanja di gerai modern itu.

Karena itu, Anggota DPRD Kota Ambon Gunawan Mochtar, meminta penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena.  Membatasi pembangunan gerai ritel modern, seperti Alfa Midi dan Indomaret, di Kota Ambon.

Baca Juga: Dikabarkan 10 Anggota TNI  Ditetapkan Sebagai Tersangka Kerangkeng Manusia

Hal ini ia sampaikan dalam interupsinya di rapat paripurna istimewa penyampaian memori masa akhir jabatan dan pidato perdana penjabat Wali Kota Ambon, Rabu.

“Saya minta agar penjabat Wali Kota Ambon untuk membatalkan kontrak-kontrak yang telah disepakati terkait dengan pembangunan gerai ritel modern,” kata Gunawan Mochtar.

Politisi PKB yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi I ini menerangkan, pembangunan gerai modern awalnya disetujui sebanyak 20 unit saja. Namun, saat ini pembangunannya sudah mencapai 200 unit.

Baca Juga: Insentif Bidang Kepabean Dan Cukai Penanganan Covid 19  Kian Menurun

“Saya minta itu menjadi program prioritas. Karena usaha-usaha mikro ini akan mati jika gerai modern terus menjamur di mana-mana,” tandas Gunawan seperti dilansir dari AntaraNews.

Untuk diketahui, Bodewin Wattimena resmi dilantik jadi Penjabat Wali Kota Ambon, sejak Selasa kemarin.

Berdasarkan Keputusan Mendagri Nomor 131.81 – 1165 Tahun 2022 tertanggal 13 Mei 2022, Wattimena akan jadi orang nomor satu di Ambon hingga tahun 2024.

Baca Juga: Ratusan Warga Sipil Dogiai Papua Mengungsi Karena Rumah Dan Kiosnya Dibakar OTK

Sebelum dilantik jadi Penjabat Wali Kota Ambon, Wattimena merupakan Sekretaris DPRD Provinsi Maluku sejak 2021. ***

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Terkini

HUT Ke - 64, Pemprov NTB Gelar Donor Darah

Selasa, 6 Desember 2022 | 18:15 WIB
X