• Jumat, 9 Desember 2022

UTBK 2022 Di ITS Layani 8.165 Peserta

- Selasa, 17 Mei 2022 | 19:57 WIB
Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng (kanan) saat meninjau langsung dan memastikan kelancaran server untuk UTBK di ITS
Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng (kanan) saat meninjau langsung dan memastikan kelancaran server untuk UTBK di ITS

 

SUARAKARYA.ID: UTBK 2022 atau Ujian Tulis Berbasis Komputer 2022 pada hari pertama di Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berjalan sesuai dengan protokol kesehatan (prokes) yang berlaku.

Rektor ITS sekaligus Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng IPU AEng langsung meninjau pelaksanaan UTBK di Departemen Sistem Informasi ITS, Selasa (17/4/2022).

Pelaksanaan hari pertama UTBK secara nasional, kata dia, berjalan dengan lancar. Jumlah peserta UTBK tahun ini mengalami peningkatan menjadi 800.852 peserta dengan jumlah peserta yang akan diterima nantinya sebanyak 460 ribu peserta. “Terdapat 74 lokasi pelaksanaan UTBK di seluruh Indonesia," ujarnya.

Baca Juga: 26.408 Peserta Mengikuti UTBK SBMPTN Di UNS, 54 Tak Hadir Di Hari Pertama

Menurut Ashari, ada beberapa perbedaan dalam pelaksanaan UTBK pada tahun ini dibanding tahun-tahun sebelumnya. Salah satunya adanya materi bahasa Inggris yang dilakukan secara terpisah yakni setelah Tes Potensi Skolastik (TPS) dan sebelum Tes Kemampuan Akademik (TKA).

“Alasan diujikan terpisah karena saat perkuliahan, kemampuan bahasa Inggris akan sangat dibutuhkan untuk berkomunikasi,” terang guru besar Teknik Elektro ini.

ITS melayani 8.165 peserta UTBK untuk tahun 2022 ini. UTBK di ITS sendiri hanya dilaksanakan pada gelombang pertama yakni hingga Senin (23/5) mendatang dan dilaksanakan dalam dua sesi setiap harinya.

Baca Juga: Kecelakaan Maut Bus Pariwisata Di Tol Mojokerto, Para Korban Dimakamkan Di TPU Benowo

Untuk menjaga kelancaran UTBK, Ashari mengungkapkan bahwa ITS telah berkoordinasi dengan PLN Provinsi Jawa Timur dan juga menambahkan 395 server untuk mengantisipasi apabila server nasional terkendala ataupun terputus.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

HUT Ke - 64, Pemprov NTB Gelar Donor Darah

Selasa, 6 Desember 2022 | 18:15 WIB
X