• Jumat, 20 Mei 2022

Museum Memiliki Tiga Lensa Kekuatan, Untuk Membawa Perubahan Positif

- Minggu, 15 Mei 2022 | 05:59 WIB
 Kepala Museum Basoeki Abdullah Dra Maeva Salmah MSi (kiri) dan Plt Kepala Museum Nasional Dra. Sri Hartini MSi (kanan).
Kepala Museum Basoeki Abdullah Dra Maeva Salmah MSi (kiri) dan Plt Kepala Museum Nasional Dra. Sri Hartini MSi (kanan).
 
SUARAKARYA.ID: Ada tiga lensa potensi kekuatan yang dimiliki sebuah museum, untuk membawa perubahan positif pada lingkungannya. 
 
Demikian dikemukakan Kepala Museum Basoeki Abdullah Dra Maeva Salmah MSi, pada acara Gerebek Museum, di Museum Basoeki Abdullah, di Jakarta Selatan, Sabtu (14/5/2022). 
 
Ketiganya, lanjut dia, yakn kekuatan untuk mengubah dunia sekitar, yang meliputi kekuatan untuk mencapai keberlanjutan, kekuatan inovasi dalam digitalisasi dan aksesibilitas, serta kekuatan membangun komunitas melalui pendidikan.
 

Kegiatan Gerebek Museum yang digelar Museum Basoeki Abdullah ini, dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional Mei Tahun 2022. Sekaligus, Hari Museum Internasional dan bertepatan dengan Hari Raya Idul Fitri 1443 H, sebagai momentum silaturahmi. 
 
Maeva mengemukakan, Museum Basoeki Abdullah berada dalam komplek perumahan. Karenanya, dia mengajak masyarakat srkitar untuk berkolaborasi dalam kegiatan Gerebek Museum, yang bertajuk  “The Power of Museum” ini. 
 
"Tema tersebut mengikuti tema hari Museum Internasional yang telah dicanangkan ICOM (International Council of Museums)," terangnya. 
 
 
Gerebek Museum, imbuhnya, diharapkan dapat meningkatkan minat warga Jakarta. Untuk datang ke museum, guna menghilangkan stigma Museum itu Sunyi, berdebu dan membosankan. 
 
Di bagian lain,  Plt Kepala Museum Nasional Dra Sri Hartini MSi memberikan apresiasi digelarnya kegiatan gerebek museum Basoeki Abdullah.  
 
Dia menyatakan, kegiatan yang inovatif, edukatif, serta rekreatif ini, akan mampu menarik minat masyarakat. "Untuk berkunjung ke Museum Basoeki Abdullah ini," ujarnya.
 
 
Kegiatan Gerebek Museum ini merupakan kali kedua diselenggarakan oleh Museum Basoeki Abdullah. Acara ini diisi  dengan kegiatan melukis bersama dan pertunjukkan seni. 
 
Melukis bersama melibatkan 16 komunitas dengan 114 pelukis yang melukis pada 16 kanvas berukuran 2x1 meter. Selain itu, pertunjukan seni menampilkan Musical Notes Band (Band Difabel dari Institusi Musik Jalanan), A-Team Band, Group tari Sudin Kebudayaan Jakarta Selatan, Nnops Dance dan Sketsa Komedi Lawak Betawi oleh Sanggar Cagar Budaya yang didukung penampilan Opie Kumis, Mpok Engkar, serta Sabar Bokir.***
 
 

Editor: Markon Piliang

Tags

Terkini

UTBK 2022 Di ITS Layani 8.165 Peserta

Selasa, 17 Mei 2022 | 19:57 WIB
X