• Jumat, 20 Mei 2022

Tinjau Arus Balik di Bakauheni , Kapolri Minta Masyarakat Manfaatkan WFH Dan Libur Sekolah

- Sabtu, 7 Mei 2022 | 22:35 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo cek pelaksanaan petugas arus balik di Bakauheni Lampung  (Humas Polri )
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo cek pelaksanaan petugas arus balik di Bakauheni Lampung (Humas Polri )

SUARAKARYA.ID: Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo meninjau sekaligus mengecek kesiapan pengamanan arus balik Lebaran 2022 di Pelabuhan Bakauheni, Lampung, Sabtu (7/5/2022).

Menurut Sigit, jika melihat grafik arus balik Lebaran di Pelabuhan Bakauheni mulai dari dua hingga tiga hari ke belakang, mengalami peningkatan kapasitas penumpang. Dari 15.000 orang kemudian naik 16.000 dan naik lagi 31.000. Dan kemungkinan malam hari ini bisa naik 41.000.

Baca Juga: Kapolri Tinjau Langsung Tol Cikampek, Pastikan One Way-Contraflow Berjalan Lancar

Menurut dia, untuk mengantisipasi terjadinya kepadatan, pihaknya sudah mendengar dan melihat bagaimana skema persiapan yang dilakukan rekan-rekan yang melakukan pengamanan di pelabuhan untuk menghadapi puncak arus balik.

Mulai dari mengatur rest-rest area sebagai tempat menampung, manakala terjadi kepadatan di dermaga sampai dengan menambah jumlah dermaga di Bakauheni yaitu dermaga Panjang dan BBJ serta juga jumlah kapal.

"Saya kira dengan rekayasa yang baik ini, kemacetan yang terjadi di Pelabuhan Merak kemarin bisa dihindari di Pelabuhan Bakauheni," kata Sigit.

Baca Juga: Bagi Waktu Arus Balik Usulan Kapolri Dapat Dukungan DPR

Mantan Kapolda Banten ini mengungkapkan ada beberapa skema yang disiapkan petugas antara lain hijau, kuning dan merah. Merah berarti sudah padat. Dan dalam beberapa hari ini baru masuk situasi hijau. "Saya harap situasi ini dapat bertahan terus," imbuh Sigit.

Sigit mengimbau masyarakat selama beberapa hari ke depan untuk memanfaatkan relaksasi yang diberikan sejumlah instansi atau lembaga agar tidak buru-buru balik Lebaran untuk menghindari kepadatan.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Artikel Terkait

Terkini

UTBK 2022 Di ITS Layani 8.165 Peserta

Selasa, 17 Mei 2022 | 19:57 WIB
X