• Minggu, 3 Juli 2022

Dihantam Puting Beliung Puluhan Rumah Di Halut Maluku Utara Rata Dengan Tanah

- Jumat, 6 Mei 2022 | 17:22 WIB
Korban Angin Puting Beliung Di Halmahera Utara Provinsi Maluku Utara (Istimewa)
Korban Angin Puting Beliung Di Halmahera Utara Provinsi Maluku Utara (Istimewa)



SUARAKARYA.ID: Sejumlah kawasan di Halmahera Utara (Halut), Provinsi Maluku Utara diterjang angin puying beliung. Akibatnya puluhan  rumah warga rata dengan tanah disapu angin dasyat tersebut.y

Menerima laporan tersebut anggota Komando Distrik Militer (Kodim) 1508 Tobelo membantu evakuasi warga. Khusus Desa Gamlaha Kecamatan Kao, Kabupaten Halmahera Utara, Maluku Utara.

Yang mengalami musibah akibat diterjang angin puting beliung itu.

Baca Juga: Dampak Libur Panjang Pasokan Darah Kurang,  Stok Menipis

Sejumlah Babinsa bersama petugas dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Halmahera Utara langsung melakukan pendataan rumah warga yang rusak.

 "Akibat diterjang angin puting beliung," kata Komandan Kodim 1508/Tobelo Letkol Inf I Putu Witharsana Eka Putra melalui siaran pers yang diterima, Jumat (6/5/2022) seperti dilaporkan AntaraNews.

Dia mengatakan, sejak Kamis (5/5/2022) kemarin sore, memang wilayah Kao dilanda hujan lebat yang disertai angin puting beliung.

Baca Juga: Gol Ke-10 Benzema Pada Satu Musim  Liga Champions Samai Ronaldo

 Sehingga mengakibatkan rumah warga di Desa Gamlaha rusak.

"Kita berhasil mendata untuk jumlah kerusakan rumah warga sebanyak 24 unit, 15 unit di antaranya mengalami rusak berat," ujarnya.

Ia menjelaskan, selain puluhan rumah warga, juga terdapat ada tiga orang warga yang mengalami luka - luka, tetapi saat ini sudah mendapatkan perawatan oleh tim medis.

Baca Juga: Aset SBB Senilai Rp1 Triliun Diselamatkan KPK Dan Pemda Setempat

"Selain kita mendata dan mengevakuasi warga yang terdampak, kita juga sudah memberikan bantuan sosial lain untuk para korban," katanya.

Ia menambahkan, tugas dari anggota TNI tidak hanya fokus dalam strategi perang, tetapi bagaimana bantu warga dalam penanganan bencana alam, seperti angin puting beliung.

Dia mengatakan, cuaca dalam beberapa hari terakhir memang kurang bersahabat terutama untuk wilayah Maluku Utara.

Baca Juga: Mohammad Salah Sebut Pihaknya  Siap Sapu Bersih Semua Tropi Musim Ini

"Kami kerahkan Babinsa untuk terjun langsung dalam tanggap bencana alam salah satunya bencana puting beliung desa Binaannya, agar cepat ditangani," ungkapnya.

Sementara, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Halut, Heni Toga dihubungi terpisah menyatakan, personel BPBD dibantu TNI/Polri saat ini telah melakukan pendataan warga.

Khusus yang terdampak angin puting beliung dan data sementara sebanyak 24 unit rusak, 15 unit di antaranya mengalami rusak berat. ***

Editor: Markon Piliang

Tags

Terkini

X