• Minggu, 3 Juli 2022

Menko PMK Imbau Masyarakat Manfaatkan Jalur Selatan Untuk Mudik Ke Kampung Halaman

- Minggu, 1 Mei 2022 | 00:42 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy.
Menko PMK Muhadjir Effendy.
 
 
SUARAKARYA.ID: Jalur Pantai Selatan masih terbilang sepi dilintasi pemudik.  Masyarakat diimbau agar memanfaatkan Jalur Selatan untuk menuju ke kampung halaman. Termasuk Jalur Selatan Garut yang masih terbilang sepi dilintasi pemudik.
 
Hal itu disampaikan, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, saat meninjau kesiapan Kabupaten Garut dalam menangani pemudik, di Posko Terpadu Pengamanan Lebaran 2022 Rest Area GTC Limbangan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Jumat (29/4/2022).
 
Karena itu, dia minta agar media massa ikut mengampanyekan Jalur Selatan, sebagai alternatif jalan menuju kampung halaman. Jalur Selatan juga sudah lengkap dengan berbagai fasilitas, dan didukung pemandangan yang indah.
 
 
"Memang koneksinya masih ada beberapa ruas yang sulit. Tetapi sulitnya tidak lama, karena akan mendapatkan jalan yang lurus tidak banyak hambatan. Mestinya ini kesempatan baik untuk pemudik menikmati Jalur Selatan," terangnya. 
 
Pada kesempatan itu, Menko PMK didampingi Kepala BNPB Suharyanto, Bupati Kabupaten Garut Rudy Gunawan, Kepala Pelaksana BPBD Garut Satria Budi, Kapolres Garut AKBP Wirdhanto Hadicaksono, Dandim Garut Letkol CZI Deni Iskandar, serta jajaran Eselon I dari Kemenko PMK dan BNPB.
 
Dalam tinjauannya di Posko Terpadu GTC Limbangan, Menko PMK melihat posko dari masing-masing instansi terkait, yang bersiaga dalam penanganan arus mudik. Di antaranya ada posko pemantauan lalu lintas Dirlantas Polres Garut, Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Diskominfo, serta Jasa Raharja. Masing-masing posko bersiaga selama 24 jam di masa libur lebaran.
 
 
Posko Terpadu GTC Limbangan juga menyediakan fasilitas yang lengkap. Seperti tempat istirahat, tempat bermain anak, masjid, serta terdapat gerai vaksinasi untuk pemudik yang belum melengkapi vaksinasinya.
 
Menko PMK mendapatkan laporan dari Bupati Garut dan Kapolres Garut, Kabupaten Garut sudah memenuhi  variabel kesiapan penanganan mudik, dan siap melayani pemudik yang akan datang dan melintas.
 
"Mulai dari tata kelola lalu lintasnya, ketersediaan BBM, kemudian kondisi Covid-19 di Kabupaten Garut yang sudah level 1, vaksinasi dosis lengkap di atas 90 persen, vaksinasi booster 3 sudah menuju 60 persen," terangnya. ***
 

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Terkini

X