• Minggu, 26 Juni 2022

Mudik Aman Dan Sehat, Pemerintah Matangkan Lima Indikator

- Sabtu, 23 April 2022 | 21:00 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy (kiri) tinjau pelaksanaan vaksinasi untuk calon pemudik.
Menko PMK Muhadjir Effendy (kiri) tinjau pelaksanaan vaksinasi untuk calon pemudik.
 
SUARAKARYA.ID: Mendekati libur lebaran tahun 2022, pemerintah makin mematangkan persiapan arus mudik. Untuk mengantisipasi lonjakan mobilisasi masyarakat. 
 
Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) bersama K/L terkait melakukan Rapat Koordinasi Tingkat Menteri sebagai persiapan mudik lebaran pada tahun 2022, secara daring, Jum'at (22/4/2022). 
 
Menko PMK Muhadjir Effendy pada arahannya mengatakan, setelah dua tahun mudik ditiadakan, maka sangat penting untuk tetap memprioritaskan keselamatan. Dengan melaksanakan pengecekan kelaikan alat transportasi yang akan digunakan serta operatornya.
 
 
Terdapat enam variabel yang dapat menentukan kesiapan pemerintah dalam menangani mudik lebaran tahun 2022 ini. Mulai dari manajemen transportasi hingga penyaluran bansos secara merata. 
 
"Saat ini, terdapat enam variabel yang menentukan kesiapan kita (pemerintah) dalam menghadapi mudik tahun 2022. Yaitu pengaturan manajemen transportasi baik darat, laut, dan udara, ketersediaan bahan bakar dan bahan pokok, perkembangan Covid-19 dan vaksinasi, serta penyaluran bansos yang sedang dikebut menjelang lebaran," jelas Menko PMK
 
Fokus pemerintah saat ini adalah pada pengaturan manajemen transportasi. Baik di tempat pemberangkatan asal, proses perjalanan, hingga tiba di tujuan dengan aman dan sehat. 
 
 
Menko PMK menyatakan, dengan kondisi Covid-19 yang masih dalam keadaan landai dan terkendali, perlu dipercepat vaksinasi booster pada tempat-tempat pemberangkatan mudik, khususnya di wilayah Jabodetabek. 
 
"Perkembangan kondisi Covid-19 saat ini masih dalam keadaan landai dan terkendali. Maka dari itu, percepatan vaksinasi maupun booster pada tempat-tempat pemberangkatan mudik perlu dilakukan. Sehingga, dapat memenuhi target pemerintah," jelasnya.***
 

Editor: Markon Piliang

Tags

Terkini

ITS Kerja Sama Bisnis, Wacanakan Marketplace Medis

Minggu, 19 Juni 2022 | 14:38 WIB
X