• Senin, 27 Juni 2022

Mudik Gratis PT KAI, Mudik Aman Nyaman Kemenhub  Lakukan Rekayasa Lalulintas

- Sabtu, 23 April 2022 | 20:59 WIB
Menko PMK Muhadjir Effendy (kedua dari kanan) tinjau kelaikan transportasi mudik.
Menko PMK Muhadjir Effendy (kedua dari kanan) tinjau kelaikan transportasi mudik.
 
SUARAKARYA.ID: Pada Rapat Koordinasi Tingkat Menteri (RYM) persiapan mudik lebaran  tahun 2022, yang dipimpin Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy, secara daring dari Jakarta, Jum'at (22/4/2022), Direktur Lalu Lintas Jalan Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Cucu Mulyana melaporkan. 
 
Pihaknya telah menyiapkan skenario rekayasa lalu lintas untuk mudik lebaran tahun 2022.  "Kami telah menyiapkan rekayasa lalu lintas melalui pengaturan angkutan muatan barang, pengaturan jalan tol satu arah mulai dari KM 47 Tol Jakarta-Cikampek hingga KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung Semarang, serta penerapan peraturan ganjil-genap di jalan tol secara bersamaan," terangnya. 
 
Dikemukakannya, pemerintah juga melakukan sosialisasi penggunaan jalur pantai selatan. Sebagai alternatif arus lalu lintas mudik di wilayah selatan Pulau Jawa. 
 
 
Sehingga, kepadatan arus mudik nantinya dapat terpecah tidak hanya di jalur pantai Utara Pulau Jawa saja. Selain itu, pengaturan manajemen transportasi juga dilakukan pada jalur laut  dan udara. 
 
Pada jalur laut, ada penambahan jumlah  angkutan kapal penumpang serta penerapan mudik gratis  sepeda motor dengan kapal laut. 
 
Sedangkan, pengaturan manajemen transportasi jalur udara ada penambahan jadwal penerbangan. Pada rute-rute yang diprediksi akan mengalami lonjakan penumpang. 
 
 
Seperti Rute Jakarta (CGK)-Bali (DPS). Tak hanya itu, pemerintah juga memastikan ketersediaan tiket transportasi umum mudik lebaran tahun ini. 
 
 
Pada mudik lebaran kali ini, PT. Kereta Api Indonesia (KAI) kembali melaksanakan program mudik gratis. Bagi masyarakat yang ingin kembali ke kampung halamannya. Tidak hanya orang, kendaraan berupa sepeda motor juga dapat diangkut secara gratis. 
 
Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo mengatakan, program mudik gratis berserta kendaraannya merupakan dukungan terhadap tujuan pemerintah, dalam menciptakan mudik aman dan sehat di tahun 2022. 
 
 
"Program mudik gratis ini merupakan suatu wujud nyata PT. KAI. Dalam mendukung tujuan pemerintah, guna menciptakan mudik aman dan sehat pada tahun 2022 ini," ungkapnya.***
 

Editor: Markon Piliang

Tags

Terkini

X