• Kamis, 30 Juni 2022

ITS Luncurkan Tabungan Sampah Terpadu Pada Peringatan Hari Bumi

- Jumat, 22 April 2022 | 20:58 WIB
Serah terima sampah secara simbolis oleh Kepala Bank Sampah Surabaya (kiri), Wakil Rektor III ITS, dan Koordinator Sosial ITS Smart Eco Campus (tengah)
Serah terima sampah secara simbolis oleh Kepala Bank Sampah Surabaya (kiri), Wakil Rektor III ITS, dan Koordinator Sosial ITS Smart Eco Campus (tengah)


SUARAKARYA.ID: Peringatan Hari Bumi, dijadikan momen ITS Smart Eco Campus bersama Kelompok Pecinta dan Pemerhati Lingkungan (KPPL) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) untuk meluncurkan Tabungan sampah Terpadu (TaSTe) ITS.

TaSTe ITS ini diharapkan bisa dimanfaatkan seluruh keluarga besar ITS, dimulai pada peringatan Hari Bumi ini, untuk menumbuhkan kebudayaan dalam mengelola sampah dengan baik.

Menurut Wakil Rektor III ITS, Ahmad Rusdiansyah CSCD CLTD IPU, kebiasaan kecil seperti mengelola sampah dapat memberikan dampak yang besar bagi lingkungan. Karena itu dia meyakini, TaSTe ITS yang diperkenalkan di Hari Bumi ini dapat menjadi salah satu cara untuk merawat lingkungan di sekitar.

Baca Juga: ITS Buka Peluang PMB Jalur Prestasi Dan IUP Gelombang II

"Melalui salah satu program ITS Smart Eco Campus ini, ITS ingin mengajak seluruh sivitas ITS agar peduli pada lingkungan dan menciptakan kebudayaan baru di sekitarnya,” ujarnya, Jum'at (22/4/2022).

Senada dengan Doddy, Koordinator Rekayasa Sosial ITS Smart Eco Campus, Herdayanto Sulistyo Putro SS MSi menjelaskan, bahwa TaSTe ITS menjadi salah satu wadah yang dapat mengurangi limbah sampah plastik di Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

“Fokus utama kita saat ini adalah bagaimana mengubah perilaku sivitas akademika ITS untuk lebih peka terhadap lingkungan dengan menabung sampah,” ujarnya.

Baca Juga: Ucapan Lebaran Idul Fitri Kromo Inggil, Untuk Menghormati Yang Lebih Tua

Menurut Dosen Departemen Kimia tersbeut, sivitas akademika ITS yang ingin menabung sampah bisa membawa sampahnya yang sudah dipilah ke lokasi Urban Farming ITS. Setelah itu, sampah yang sudah dipilah akan ditimbang.

Penyetor sampah akan diarahkan untuk membuat akun di taste.its.ac.id guna dilakukan pendataan penukaran sampah dengan poin. “Poin hasil menabung sampah nantinya bisa ditukarkan berupa uang maupun voucher,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X