• Kamis, 30 Juni 2022

Satu-satunya Di Pantura, Laboratorium Penyakit Jantung Diluncurkan Di Tegal

- Sabtu, 2 April 2022 | 17:40 WIB
Ganjar tinjau laboratorium jantung. (Foto: Istimewa)
Ganjar tinjau laboratorium jantung. (Foto: Istimewa)

 

SUARAKARYA.ID: Akhirnya, masyarakat di kawasan pantai utara (Pantura) barat Jawa Tengah, bisa bernafas lega, dengan diluncurkannya laboratorium kateterisasi jantung (cath-lab) dengan alat modern untuk melayani pasien berpenyakit jantung.

Laboratorium kateterisasi jantung tersebut, berada di RSUD dr Soeselo, Slawi, Kabupaten Tegal, dan telah diresmikan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Jumat (1/4/2022).

Terwujudnya laboratorium kateterisasi jantung tersebut merupakan perjuangan panjang RSUD dr Soeselo Slawi beserta Pemerintah Kabupaten Tegal.

Setelah ada kolaborasi antara Pemprov dan DPRD Jateng, Pemkab Tegal, RSUD dr Soeselo Slawi serta Universitas Bhamada, akhirnya pembangunan dan pengadaan alat kesehatan jantung bisa diwujudkan.

Baca Juga: Fraksi Golkar Beri Catatan Pada Rapat Paripurna DPRD Kota Depok Terhadap 6 Raperda

Ada perjuangan panjang dan kolaborasi. Jadi pihak rumah sakit dan Bupati membutuhkan peralatan untuk menangani mereka yang sakit jantung. Di Pantura alat ini tidak ada sehingga saat itu berbagai ikhtiar dari Kabupaten dilakukan.

"Alhamdulillah ada dari DPRD Jateng yang juga membantu dan saya memberikan bantuan alat kesehatan. Saya bilang bantuannya jangan dipisah-pisah, jadikan satu agar bisa didorong untuk membeli alat seharga sekitar Rp16,5 miliar," kata Ganjar.

Keberadaan Cath-lab tersebut, diharapkan dapat memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Khususnya terkait layanan kesehatan jantung. Apalagi Cath-lab dan alat yang ada di dalamnya merupakan satu-satunya di wilayah Pantura Barat Jawa Tengah.

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X