• Minggu, 26 Juni 2022

Pertemuan HWG G20 Angkat Side Tuberkulosis, Bahas Pula Pembuatan Vaksin Global

- Senin, 28 Maret 2022 | 23:02 WIB
Pertemuan HWG G20 di Yogyakarta. (Dok Kemenkes.)
Pertemuan HWG G20 di Yogyakarta. (Dok Kemenkes.)

SUARAKARYA.ID: Pertemuan Health Working Group (HWG) bertajuk ''Harmonizing Global Health Protocol Standards'' bagian dari rangkaian Sherpa Track Presidensi G20 digelar Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI di Yogyakarta, 28-30 Maret 2022.

Pertemuan G20 sendiri merupakan sebuah forum utama kerja sama ekonomi internasional yang beranggotakan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia, terdiri dari 19 negara dan satu lembaga Uni Eropa.

Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik, Kemenkes RI menyebutkan, pertemuan pertama HWG digelar secara luring dan daring dengan dihadiri sekitar 70 delegasi mancanegara dan 50 delegasi lokal.

Baca Juga: Ramadhan Bulan Ibadah Istimewa, Momentum Tekan Angka Covid Dan Pacu Peningkatan Ekonomi

Adapun agenda HWG 1 secara khusus membahas satu dari tiga isu prioritas bidang kesehatan dalam Presidensi G20. Yakni, harmonisasi standar protokol kesehatan global untuk perjalanan antarnegara.

Sedangkan agenda HWG 2 membahas tentang upaya membangun ketahanan kesehatan global. Sementara agenda HWG 3 membahas mengenai pembangunan pusat studi serta maknufaktur untuk pencegahan, persiapan, dan respons terhadap krisis kesehatan yang akan datang.

Penyelarasan protokol kesehatan antarnegara sangat dibutuhkan untuk menunjang interkonektivitas dan konektivitas sistem informasi kesehatan dari berbagai negara guna memudahkan perjalanan internasional.

Baca Juga: Terima Dubes AS, Menteri Johnny Bahas Forum ITU Dan Kerja Sama Digital

Selama 3 hari ke depan, pertemuan HWG 1 akan dibagi dalam 6 sesi diskusi.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Terkini

ITS Kerja Sama Bisnis, Wacanakan Marketplace Medis

Minggu, 19 Juni 2022 | 14:38 WIB
X