• Minggu, 26 Juni 2022

Jaga Kadar Kolesterol Saat Puasa Di Bulan Ramadhan Dengan Konsumsi Plant Stanol Ester

- Senin, 28 Maret 2022 | 15:41 WIB
Pola makan gizi berimbang menjadi kunci agar tubuh tetap prima saat ibadah puasa di bulan Ramadhan. (G. Windarto)
Pola makan gizi berimbang menjadi kunci agar tubuh tetap prima saat ibadah puasa di bulan Ramadhan. (G. Windarto)

 

SUARAKARYA.ID: Menjelang bulan Ramadhan, kondisi tubuh harus prima agar ibadah puasa tak terkendala masalah kesehatan seperti kolesterol.

Saat ibadah puasa di bulan Ramadhan, bukan tidak mungkin kolesterol tak terjaga karena tidak memperhatikan pola makan dengan gizi berimbang saat berbuka.

Pakar kesehatan menyarankan untuk mengonsumsi plant stanol ester, terkait pola makan dengan gizi berimbang, selama ibadah puasa di bulan Ramadhan, sehingga kolesterol tidak melonjak.

Baca Juga: Tak Terima Istri Jadi Bahan Lelucon, Will Smith Tampar Wajah Chris Rock di Panggung Academy Awards 2022

Dengan mengonsumsi plant stanol ester dalam jumlah memadai, bisa membantu mengendalikan kadar kolesterol dalam tubuh. Untuk mendapatkan hasil efektif dalam menurunkan kolesterol, disarankan mengonsumsi 2-3 gram plant stanol setiap hari.

Untuk diketahui, stanol dan sterol adalah serat pangan yang terdapat dalam tumbuhan. Sayangnya, untuk mendapatkan 2-3 gram plant stanol setiap hari tidaklah mudah karena beberapa jenis sayur dan buah bahkan mengandung lebih sedikit plant stanol.

Meski demikian, kini plant stanol ester bisa dikonsumsi dengan jumlah yang tepat dalam bentuk suplemen kesehatan yang bisa didapatkan di gerai-gerai ritel modern dan tradisional.

Baca Juga: BPIP Dan Pangdam V/Brawijaya Perkuat Kolaborasi Bumikan Pancasila

Ada beberapa cara kerja plant stanol ester membantu menurunkan kadar kolesterol di tubuh. Pertama, di usus, plant stanol ester akan berkompetisi dengan kolesterol pada saat proses penyerapan kolesterol, sehingga ketika kita mengonsumsi plant stanol ester, akan lebih sedikit kolesterol dari makanan yang diserap ke dalam sel usus.

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

ITS Kerja Sama Bisnis, Wacanakan Marketplace Medis

Minggu, 19 Juni 2022 | 14:38 WIB
X