• Selasa, 9 Agustus 2022

Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur UTBK-SBMPTN Dibuka, ITS Siapkan 1.644 Kursi

- Rabu, 23 Maret 2022 | 20:57 WIB
Direktur Pendidikan ITS Dr Eng Siti Machmudah ST MEng
Direktur Pendidikan ITS Dr Eng Siti Machmudah ST MEng

SUARAKARYA.ID: Penerimaan mahasiswa baru Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) melalui jalur Ujian Tulis Berbasis Komputer untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) 2022 resmi dibuka mulai Rabu (23/3/2022). Perguruan tinggi ini telah menyiapkan sebanyak 1.644 kursi untuk mahasiswa baru dari jalur SBMPTN tersebut.

Menurut Direktur Pendidikan ITS, Dr Eng Siti Machmudah ST MEng, pihaknya telah menyiasati momentum untuk demi menyambut mahasiswa baru jalur SBMPTN ini. “Persiapan ITS menjelang UTBK-SBMPTN 2022 jauh lebih matang bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya,” ujarnya, Rabu (23/3/2022).

Dia menjelaskan bahwa ITS telah melakukan serangkaian persiapan berupa melengkapi sarana dan prasarana terkait teknis pelaksanaan UTBK-SBMPTN, pembekalan penanggung jawab lokasi, persiapan pengawas, serta memperketat protokol kesehatan. Persiapan UTBK tahun ini, ITS lebih siap dibandingkan tahun lalu karena lokasi tes SBMPTN ini hanya berada di lingkungan ITS.

Baca Juga: Mau Lolos SBMPTN, Ini Tips Dari Rektor UNS!

Dosen yang kerap mengkaji tentang ekstraksi senyawa kimia tersebut menuturkan bahwa dalam menyiagakan skema UTBK-SBMPTN 2022, pendataan laboratorium komputer di lingkungan ITS sebagai lokasi tes rampung dilakukan. Sebanyak 655 unit komputer yang akan digunakan untuk UTBK sudah disiapkan oleh ITS dan koordinasi bersama panitia pelaksana UTBK SBMPTN 2022 juga telah terselenggara sebelumnya.

Untuk menarik minat calon mahasiswa baru bergabung bersama ITS, Machmudah menjelaskan bahwa ITS telah melakukan berbagai upaya sebelum perhelatan UTBK-SBMPTN dimulai. Pihaknya sudah melakukan promosi melalui media sosial serta mengadakan webinar untuk memperkenalkan ITS, termasuk mengikuti pameran-pameran pendidikan untuk menjaring calon mahasiswa baru.

Terkait kuota penerimaan pada SBMPTN 2022, dia menjelaskan bahwa ITS menarget 15.000 pendaftar dengan jumlah mahasiswa yang diterima sebanyak 1.644 orang. Dibandingkan tahun lalu, jumlah mahasiswa yang diterima berkurang disebabkan karena penerimaan mahasiswa baru program studi sarjana terapan tidak lagi dikelola oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).

Baca Juga: ITS Gelar Wisuda Drive Thru Pertama

Meskipun demikian, secara umum akan terdapat kenaikan kuota sebesar 120 orang untuk program studi sarjana. Bila berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, peminat terbanyak biasanya berasal dari Departemen Teknik Informatika. “Namun, karena pendaftaran baru saja dibuka, kami belum tahu keketatan antardepartemen yang dimiliki tahun ini,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Puasa Tasua dan Asyura, Ini Keutamaannya

Minggu, 7 Agustus 2022 | 09:00 WIB

Masjid Harus Jadi Pusat Pemberdayaan Masyarakat

Minggu, 7 Agustus 2022 | 06:54 WIB
X