• Sabtu, 13 Agustus 2022

Museum Basoeki Abdullah Beri Ruang Ekspresi, Edukasi, Serta Kreasi Bagi Generasi Muda, Melalui Art Award 4

- Sabtu, 12 Maret 2022 | 13:44 WIB
Kepala Museum Basoeki Abdullah Dra Maeva Salmah MSi (kiri).
Kepala Museum Basoeki Abdullah Dra Maeva Salmah MSi (kiri).

 

SUARAKARYA.ID: Bertujuan memberikan ruang apresiasi, ekspresi, edukasi, serta kreasi bagi generasi seni rupa muda Indonesia. Museum Basoeki Abdullah tahun 2022 ini menggelar kompetisi Basoeki Abdullah Art Award 4.

Ketua juri Prof Djuli Djatiprambudi,  secara daring dari Yogyakarta, pada konperensi pers yang digelar di Museum Basoeki Abdullah, Jakarta Selatan, Jumat (11/3/2022) menyatakan, seniman sekelas Bsoeki Abdullah,  ketokohannya tidak diragukan lagi. 

"Beliau salah satu tokoh yang mengawali persinggungan pelukis dunia dan Indonesia. Karena, dia menjadi satu seniman setelah Raden Saleh, yang berkesrmpatan belajar di Eropa," tuturnya. 

Diungkapkannya, Basoeki Abdullah merupakan  seniman yang diperhitungkam dunia. "Banyak memperoleh penghargaan, dan memperoleh kesempatan untuk pameran keling Eropa," ujarnya. 

Karenanya, dengan digelarnya Art Award, agar Basoeki Abdullah  tetap menjadi memori dan kenangan yang selalu diingat oleh masyarakat Indonesia. 

Kompetisi ini, selain menghadirkan  Prof Djuli Djatiprambudi, selaku ketua tim juri, juga Mikke Susanto, Citra Smara Dewi, Yusuf Susilo Hartono, serta  Sally Texania. Total hadiah yang diperebutkan adalah Rp125 juta untuk 5 karya terbaik, dan pameran hasil karya kompetisi untuk 25 nominator merupakan daya tarik tersendiri dari kompetisi ini.

Di bagian lain, Kepala Museum Basoeki Abdullah Dra Maeva Salmah MSi mengemukakan, Museum Basoeki Abdullah sesuai dengan fungsi layanannya selalu melaksanakan kegiatan edukasi, publikasi dan penyajian terhadap benda bernilai seni dan karya dari Basoeki Abdullah

Fungsi layanan ini, imbuhnya, ditujukan untuk menumbuhkembangkan apresiasi dan kebanggaan masyarakat terhadap Basoeki Abdullah sebagai maestro seni lukis Indonesia. 

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Terkini

X