• Minggu, 2 Oktober 2022

Airlangga: Yellow Clinic, Kontribusi Golkar Dipersembahkan Untuk Masyarakat Gresik

- Selasa, 22 Februari 2022 | 00:18 WIB
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto meresmikan Yellow Clinic Kabupaten Gresik sebagai kontribusi Golkar untuk pelayanan kesehatan masyarakat Gresik dan sekitarnya (AG Sofyan)
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto meresmikan Yellow Clinic Kabupaten Gresik sebagai kontribusi Golkar untuk pelayanan kesehatan masyarakat Gresik dan sekitarnya (AG Sofyan)
 
GRESIK: Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menegaskan kehadiran Yellow Clinic (YC) Kabupaten Gresik untuk yang pertama kali hadir di Provinsi Jawa Timur merupakan kontribusi nyata dan persembahan Partai Golkar kepada masyarakat Gresik agar bisa mendapatkan pelayanan dasar terbaik. 
 
Airlangga Hartarto yang juga Menko Bidang Perekonomian ini mengharapkan usai pembangunan gedung yang cukup representatif tersebut, berikutnya akan dilakukan pengurusan perizinan dan pengurusan layanan BPJS Kesehatan. Sehingga masyarakat peserta asuransi kesehatan milik negara ini bisa dilayani dengan baik oleh Yellow Clinic. 
 
"Nantinya Yellow Clinic ini akan bisa memberikan layanan kesehatan kepada pemegang BPJS Kesehatan. Sekaligus juga dari faskes pertama ini bisa memberikan rujukan jika pasien membutuhkan pelayanan kesehatan lanjutan ke rumah sakit yang menjalin kerjasama dengan BPJS Kesehatan," ujar Ketua KPCPEN (Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional) ini di sela-sela meresmikan Gedung Yellow Clinic Kabupaten Gresik, Sabtu (19/2/2022). 
 
 
Dalam kunjungan kerja, Airlangga didampingi Waketum DPP Partai Golkar, Agus Gumiwang Kartasasmita yang juga Menperin, Ketua DPP Golkar Jerry Sambuaga, Waketum Adies Kadir yang juga Waket Komisi III DPR RI, Bendum DPP Golkar Dito Ganinduto yang juga Ketua Komisi XI DPR RI, Ketua DPD  Partai Golkar Jawa Timur Sarmuji yang juga legislator Senayan, Anggota Komisi VII Dapil Jatim X (Gresik dan Lamongan) Dyah Roro Esti dan Anggota Komisi Kesehatan (Komisi IX) DPP Yahya Zaini, Ketua DPP AMPG Ilham Permana, dan Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani. 
 
Menko Perekonomian yang juga Ketum Partai Golkar, Airlangga Hartarto didampingi Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita, Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani, dan Ketua Yellow Clinic J Dwi Hartanto meresmikan Gedung Yellow Clinic Gresik, Jatim (AG Sofyan)
 
 
Dari Yellow Clinic Pusat langsung dikawal Ketua Yellow Clinic Jacobus Dwi Hartanto bersama Koordinator drg. Ines dan Marta.
 
Sedangkan dari YC Jawa Timur, Hersan dan Didik Sudarmadi sebagai pemilik klinik dan dr. Nuning selaku Penanggung Jawab YC Gresik
 
Pada kesempatan itu, Airlangga mengucapkan terima kasih atas dedikasi, loyalitas, dan solidaritas tinggi para kader Golkar dalam hal urusan kemanusiaan untuk masyarakat daerah, yang sudah berkontribusi dalam mewujudkan kehadiran Yellow Clinic di Gresik ini. 
 
 
"Mulai dari Waketum Partai Golkar, yang kebetulan adalah Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Wamendag Jerry Sambuaga, para kader Golkar yang duduk di Parlemen hingga kader daerah lainnya yang turut hadir juga dalam acara ini," ucap Ketum Airlangga. 
 
Menko senior di Kabinet Jokowi ini secara khusus juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani, yang sudah memberikan kesempatan bagi Partai Golkar untuk turut berkontribusi aktif dan positif memenuhi kebutuhan masyarakat, khususnya di bidang kesehatan untuk menyehatkan rakyatnya. 
 
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan sambutan saat peresmian Gedung Yellow Clinic Gresik, Jatim (Ag.. Sofyan)
 
"Kehebatan Mas Bupati sudah terlihat dari industri yang makin tumbuh pesat di Gresik ini. Dan karena tadi pengakuan Mas Bupatinya kalau ari-arinya (plasenta-red) Mas Bupati ditanam di sini, maka ini juga merupakan persembahan beliau kepada masyarakat Gresik," ucap Airlangga disambut tepuk tangan riuh semua tamu undangan yang hadir di peresmian Yellow Clinic Gresik tersebut. 
 
 
Ketua Yellow Clinic J Dwi Hartanto mengatakan bahwa Yellow Clinic Gresik ini bukanlah yang terakhir tapi justru menjadi starting point untuk melebarkan sayap melayani kesehatan rakyat di kota dan kabupaten lain di Jawa Timur. 
 
"Setelah ini, masih akan ada lagi atau menyusul Yellow Clinic-Yellow Clinic lainnya sebagai bentuk kontribusi Partai Golkar kepada masyarakat di daerah yang terkadang kesulitan mendapatkan aksesibilitas pelayanan kesehatan. YC berusaha juga menselaraskan dan bersinergi  dengan program pemerintah dalam mewujudkan ketahanan kesehatan di saat pandemi Covid-19 yang belum usai ini, jelas Dwi Hartanto. 
 
Ia menjelaskan bahwa layanan Yellow Clinic akan mencakup semua aspek kesehatan yang dibutuhkan masyarakat. Bahkan Yellow Clinic di Gresik siap memberikan vaksinasi booster kepada para pekerja dan karyawan PT Smelting, Gresik yang baru saja peresmian groundbreaking dilakukan oleh Menko Perekonomian dan Menperin RI. 
 
 
"Mulai dari vaksinasi, layanan pada keluhan pasien ringan, penanganan kesehatan mulut dan gigi hingga penanganan stunting akan dilakukan di Yellow Clinic Gresik ini. Selain itu nanti dalam tahun ini juga akan melakukan kegiatan sosial operasi katarak dan bibir sumbing," tuturnya. 
 
Tak hanya itu, Wabendum DPP Partai Golkar ini juga menegaskan  tenaga kesehatan dan fasilitas yang ada di Yellow Clinic Gresik juga dapat dipergunakan atau siap didayagunakan jika terjadi bencana alam di wilayah sekitar.
 
"Seperti Desember lalu, saat Yellow Clinic hadir di erupsi Semeru untuk memberikan layanan kesehatan kepada penduduk yang terdampak. Maka kami harapkan dengan tersedianya ahli medis dan peralatan medis di Yellow Clinic Gresik ini akan mampu membantu dalam waktu singkat, jika ada bencana lagi," tutur Bendahara PMI Pusat sambil menunjukkan mobil ambulance dari dukungan YC Pusat untuk masyarakat Gresik
 
 
Satu unit mobil ambulance dari Yellow Clinic disiapkan untuk mendukung pelayanan kesehatan secara cuma-cuma kepada masyarakat Gresik (AG Sofyan)
 
Bupati Gresik Fandi Ahmad Yani yang turut hadir dalam peresmian Yellow Clinic di wilayah kerjanya ini, menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi tinggi atas perhatian semua pihak pada kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya, terutama dari pengurus dan aktivis Yellow Clinic yang menjadi garda terdepan kesehatan dari Partai Golkar. 
 
"Semoga Yellow Clinic ini dapat memberikan manfaat optimal pada masyarakat yang membutuhkan dan membantu penanganan pandemi secara lebih cepat," ujarnya.
 
 
Putra kelahiran Gresik ini menyatakan sangat berharap kehadiran dirinya dapat memberikan manfaat bagi masyarakat yang dipimpinnya.
 
"Ari-ari saya itu ditanam di sini lo Pak Menko. Jadi Pak Menko saya harapkan mau mendoakan agar saya juga dapat bermanfaat bagi masyarakat, bagi tanah kelahiran saya ini," pungkasnya disambut gelak tawa hadirin. 
 
Sejurus dengan hal itu, Srikandi Beringin DPR RI di Komisi VII, Dyah Roro Esti Widya Putri mengungkapkan hadirnya Yellow Clinic di Kabupaten Gresik merupakan satu langkah yang harus diapresiasi dan disyukuri bersama. 
 
 
“Kehadiran Yellow Clinic ini diharapkan bisa menjadi solusi atas permasalahan masyarakat terkait kesehatan. Termasuk pandemi Covid ini, dimana Gresik saat ini kan level 3 sehingga memang tak hanya perlu ditingkatkan protokol kesehatannya tapi juga vaksinasinya harus digeber makin masif terutama dosis booster sehingga akan terbentuk herd immunity,” kata Dyah Roro.
 
Papan petunjuk pasien dari Yellow Clinic persembahan untuk masyarakat (Ag. Sofyan)
 
Wabendum DPP Golkar ini mengharapkan kehadiran Yellow Clinic akan menjadi bagian dari pemulihan ekonomi Indonesia dari sisi ketahanan kesehatan.
 
“Seperti yang kita lihat tadi, Yellow Clinic ini tak hanya memberikan layanan kesehatan dasar dan vaksinasi tapi juga menyediakan fasilitas pemeriksaan kesehatan mulut dan gigi,” ucap Wakil Rakyat Dapil Jatim X (Kabupaten Gresik dan Lamongan) ini.***

Editor: Gungde Ariwangsa

Sumber: Liputan lapangan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Indonesia Optimistis Jadi Pusat Industri Halal Dunia

Jumat, 30 September 2022 | 18:36 WIB

Stiamak Barunawati Surabaya Segera Tambah 4 Prodi Baru

Kamis, 29 September 2022 | 17:16 WIB

Kemenag Luncurkan Program Madrasah Digital di MAN 1 Medan

Minggu, 25 September 2022 | 11:49 WIB
X