• Sabtu, 13 Agustus 2022

Antisipasi Melonjaknya Varian Omicron, Yellow Clinic Berkolaborasi Elemen Bangsa Dorong Vaksinasi Booster

- Jumat, 11 Februari 2022 | 09:03 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Menkes Budi Gunadi Sadikin, Wamendes PDTT Budi Arie Setiadi, Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Franciscus Welirang dan Sekretaris Yellow Clinic dr Linda Lukitasari  mengunjungi akseptor vaksin booster untuk antisipasi melonjaknya Varian Omicron (AG Sofyan)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Menkes Budi Gunadi Sadikin, Wamendes PDTT Budi Arie Setiadi, Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Franciscus Welirang dan Sekretaris Yellow Clinic dr Linda Lukitasari mengunjungi akseptor vaksin booster untuk antisipasi melonjaknya Varian Omicron (AG Sofyan)


JAKARTA: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menegaskan Pemerintah terus mendorong vaksinasi booster, yang tentunya diperlukan untuk menghadapi varian Omicron

Prioritas yang dilakukan pemerintah, salah satunya untuk memberikan vaksinasi booster kepada kelompok masyarakat yang paling berisiko terpapar Omicron adalah mereka yang berusia lanjut usia (lansia). 

"Terlebih lagi DKI Jakarta saat ini adalah salah satu wilayah yang angkanya tinggi dengan melonjaknya penularan Omicron dan tentu untuk menambah imunitas dengan vaksinasi dosis ketiga yang harus kita genjot," ujarnya. Oleh karena itu, kelompok lansia ini yang super diprioritaskan,” tegas Menko Airlangga saat meninjau vaksinasi booster untuk rakyat yang digelar di Gedung Indofood Tower, Sudirman Plaza, Jakarta Selatan, Kamis (10/2/2022). 

Baca Juga: UPDATE Kasus Positif Tambah 40.618, Airlangga: Pemerintah Geber Vaksinasi Booster

Dalam kunjungan tersebut, Ketua Umum Partai Golkar ini menyapa dan berdialog dengan masyarakat dan lansia yang akan melakukan vaksinasi Booster. Rencananya kegiatan ini akan diselenggarakan selama 5 hari, di mana hari ini merupakan hari ketiga. Dengan target harian 500 hingga 600 orang, untuk hari pertama dan kedua penyelenggara telah melakukan vaksinasi kepada sekitar 1000 orang.
 
Turut hadir dalam kunjungan tersebut, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Budi Arie Setiadi yang juga Ketua Umum DPP Projo ,  Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Franciscus Welirang dan Sekretaris Yellow Clinic, dr. Linda Lukitasari Waseso.
 
Menko Airlangga menambahkan, sesuai arahan Presiden Joko Widodo, rumusnya untuk tetap terhindar dari terpaparnya Covid adalah cuma dua. Pertama adalah tetap taat dan patuh melaksanakan protokol kesehatan (prokes) dan yang kedua adalah melakukan vaksinasi hingga dosis ketiga.
 
 
"Jadi itu yang harus dijalankan, agar aktifitas kita tidak berhenti. Dan ini ada momentum baik. Kemarin di kuartal ke IV 
pertumbuhan ekonomi itu kan mencapai lima persen. Kuartal pertama tahun lalu, minus 0,7 persen," ungkap Menko Airlangga.
 
Sehingga tentu ini penting untuk membuat keseimbangan antara aspek kesehatan penanganan Covid-19, maupun pertumbuhan ekonomi. 
 
"Karena pertumbuhan ekonomi di kuartal pertama itu adalah momentum menjaga di kuartal ke dua. Kalau kita mau mencapai lima persen di akhir tahun ini," jelasnya.
 
 
Adapun kegiatan vaksinasi booster ini terselenggara atas kerja sama beberapa pihak antara lain Kementerian Kesehatan, Kepolisian Negara Republik Indonesia, Projo, Yellow Clinic, Indofood, ACA Asuransi, dan Indomaret. 
 
Vaksinasi booster  diperuntukkan bukan hanya bagi karyawan yang bekerja di area Gedung Indofood Tower, namun terbuka untuk seluruh masyarakat umum dengan cara menunjukkan e-sertifikat undangan vaksinasi ketiga.
 
Pihak penyelenggara telah menyiapkan lebih dari 2500 dosis vaksinasi booster dengan merek Pfizer. Sehingga diharapkan masyarakat sekitar dapat memanfaatkan momen ini untuk memperoleh vaksinasi booster guna menambah imunitas tubuh melawan virus Covid-19.
 
 
Sementara itu, Sekretaris Yellow Clinic, dr. Linda Lukitasari Waseso tampak hadir dalam acara Booster untuk Rakyat mendampingi Ketum Golkar Airlangga Hartarto menunjukkan jajaran vaksinator dan tenaga kesehatan dari Yellow Clinic yang selama ini menjadi garda terdepan dalam mensupport Pemerintah dalam penanganan Covid-19 berupa pemberian vaksin dan tes antigen di sentra DPP Golkar, Silpi, vaksin anak di beberapa SD di Jakarta Barat, pelayanan kesehatan mobile, pengobatan gratis, pembagian sembako, santunan panti lansia beberapa waktu lalu di Kota Salatiga penyediaan beberapa MCK  dan pembagian sembako yang berada di Kecamatan Candipuro, Desa Penanggal dan beberapa desa serta dusun yang terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang.
 
"Sedangkan kegiatan Vaksin Booster Gratis untuk Rakyat yang berlangsung mulai dari 
Selasa, 8 Februari 2022 lalu hingga Sabtu, 12 Februari yang digelar di Tower Indofood, Jakarta ini dengan target akseptor 500 peserta setiap harinya,"jelas Dokter Linda.
 
Ketua Yellow Clinic (YC) Indonesia J Dwi Hartanto didampingi Sekretaris dr Linda Lukitasari Waseso beserta skuad Tim Media YC terus berkomitmen memberikan vaksin booster gratis untuk rakyat yang digelar di Indofood Tower, Jakarta (AG Sofyan)
 
 
Pada kesempatan bebelumnya, Ketua Yellow Clinic (YC) J. Dwi Hartanto mengatakan YC 
yang merupakan bagian dari Partai Golkar terus berkomitmen mendukung pelaksanaan vaksin booster hingga target herd immunity atau kekebalan kelompok/ komunal tercapai hingga Indonesia akan bisa terbebas dari varian-varian Covid-19.
 
"Tujuannya tentu bagaimana memastikan kesehatan dan keselamatan rakyat agar tetap terjaga dan mewujudkan upaya pemerintah untuk  pemulihan ekonomi nasional dan bangkitnya perekonomian masyarakat," tandas Bendahara Palang Merah Indonesia (PMI) ini.
 
Dwi menambahkan sebagai bagian dari Partai Golkar, Yellow Clinic sepenuhnya mendukung semua kebijakan yang dikeluarkan pemerintah dalam upaya menyelamatkan dan menjaga kesehatan masyarakat.
 
 
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto yang juga Ketum Partai Golkar menyapa salah satu penerima vaksin booster yang terkategori usia lansia yang rentan terpapar varian baru Omicron saat pelaksanaan vaksin booster gratis untuk rakyat (AG Sofyan)
 
"Kami akan melakukan yang bisa kami lakukan untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam menjaga kesehatan dan keselamatan masyarakat. Bukan saja karena Covid-19 tapi Yellow Clinic juga hadir memberikan bantuan kemanusiaan seperti yang kita lakukan kepada korban erupsi Semeru, pengobatan gratis, dan bantuan medis lainnya. Terlebih lagi Ketum kami, Pak Airlangga berada di episentrum Pemerintahan Pak Jokowi sebagai Menko Perekonomian yang bertanggung jawab untuk memastikan ekonomi Indonesia tetap dalam on the right track dan juga sebagai Ketua KPCPEN yang menjadi panglima juga untuk memastikan keselamatan dan kesehatan rakyat terfasiltasi dan terpenuhi oleh Pemerintah," urai Wabendum DPP Partai Golkar ini.
 
Intinya, tegas Dwi Hartanto, Yellow Clinic akan all out mendukung kebijakan Partai Golkar dengan melakukan yang terbaik untuk masyarakat khususnya di bidang kesehatan.***
 

Editor: Agoes Sofyan, SH.MM

Sumber: Liputan lapangan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X