• Selasa, 29 November 2022

Mendes PDTT: Perkuat Perekonomian Kawasan Desa Pesisir Dengan Sinergisitas Dan Road Map Yang Jelas  

- Kamis, 3 Februari 2022 | 22:24 WIB
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar (kiri) saat menerima kunjungan inisiator Asosiasi Desa Pesisir Eduart Wolok (kanan).
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar (kiri) saat menerima kunjungan inisiator Asosiasi Desa Pesisir Eduart Wolok (kanan).
 
 JAKARTA: Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar menghimbau para inisiator Assosiasi Desa Pesisir, untuk mengintensifkan Road Map  yang menjadi acuan program serta berkoordinasi dengan instansi-instansi terkait.
 
Dengan demikian, keberadaan Assosiasi akan mendorong penguatan perekonomian pada desa-desa kawasan pesisir serta bermanfaat bagi warga masyarakat sekitar.
 
“Artinya kemudian sudah ada bayangan dan road map yang jelas. Melibatkan KKP, Perhubungan dan lainnya  Semua desa tahu, kalau hubungan ini ke KKP, kalau urusan ini ke Perhubungan, kalau ini ke Kemendes PDTT,” tutur Abdul Halim Iskandar saat menerima kunjungan inisiator Asosiasi Desa Pesisir Eduart Wolok dan rombongan, di ruang kerjanya, kantor Kemendes PDTT, Jakarta, Kamis  (3/2/2022).
 
Gus Halim, sapaan akrab Mendes PDTT menjelaskan, besarnya potensi yang dimiliki desa-desa di kawasan pesisir. Selain pariwisata, hilirisasi dari sektor perikanan menjadi hal yang penting dengan memaksimalkan industri olahan ikan. Karena itu, menurut dia diperlukan sinergisitas Kemendes PDTT, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perhubungan dan instansi lain, untuk mendukung program peningkatan produksi perikanan. 
 
Gus Halim mencontohkan di antaranya program revitalisasi pelabuhan, pemulihan underwater restocking, serta kebutuhan akan alat penangkapan ikan, hingga penguatan produksi budidaya laut.
 
“Adanya sinergitas yang kuat dari seluruh instansi terkait akan menjadikan Asosiasi Desa Pesisir bukan hanya sebagai asosiasi. Lebih dari itu, harus memberikan manfaat bagi desa juga warga masyarakat sekitar," tuturnya. 
 
Apalagi, imbuhnya, permintaan pasar ikan di luar negeri sangat tinggi. Hal ini, tentunya dapat meningkatkan nilai tambah secara ekonomi bagi warga desa pesisir yang mayoritas nelayan. 
 
Kunjungan inisiator Asosiasi Desa Pesisir Eduart Wolok dan rombongan, dalam rangka mengundang Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar untuk bisa hadir me-launching Asosiasi Desa Pesisir  awal Maret 2022 mendatang. 
 
Eduart Wolok menjelaskan, tujuan adanya Asosiasi Desa Pesisir adalah untuk mengoneksikan desa-desa pesisir di  seluruh Indonesia. Pihaknya akan berupaya menjadikan desa-desa Pesisir saling terhubung. 
 
“Harapan saya, desa-desa yang memiliki pelabuhan, dermaga dan juga tempat Pelelangan Ikan dapat terkoneksi. Selain itu, potensi Desa Pesisir yang sangat luar biasa ini dapat terekspose dengan baik," tetangnya. 
 
Jadi, lanjutnya, nanti diresmikan Gus Menteri dari Kabupaten Tojo Una-Una, juga ada perwakilan 50 Kepala Desa secara offline, selebihnya online.***
 

Editor: Budi Seno P Santo

Terkini

Komitmen NTB Pacu Pencapaian SDGs

Senin, 28 November 2022 | 18:41 WIB
X