• Minggu, 3 Juli 2022

Yellow Clinic Dukung Penuh Pemerintah Layani Vaksinasi dan Booster Untuk Masyarakat

- Jumat, 28 Januari 2022 | 09:13 WIB
Yellow Clinic Partai Golkar melakukan vaksinasi dosis lanjutan (booster) setelah juga melayani dosis pertama dan kedua di sentra vaksin DPP Golkar, Slipi maupun beberapa sekolah di Jakarta Barat serta dalam kegiatan perayaan Natal Nasional Partai Golkar di Salatiga  (AG Sofyan)
Yellow Clinic Partai Golkar melakukan vaksinasi dosis lanjutan (booster) setelah juga melayani dosis pertama dan kedua di sentra vaksin DPP Golkar, Slipi maupun beberapa sekolah di Jakarta Barat serta dalam kegiatan perayaan Natal Nasional Partai Golkar di Salatiga (AG Sofyan)

JAKARTA: Pelaksanaan vaksin booster sebagai upaya untuk menjaga meningkatnya angka paparan Covid-19, termasuk melonjaknya paparan varian baru Omicron di beberapa wilayah tanah air, akan terus didukung sepenuhnya oleh Yellow Clinic, yang merupakan bagian dari Partai Golkar. Tujuannya tentu bagaimana memastikan kesehatan dan keselamatan masyarakat agar tetap terjaga dan mewujudkan upaya pemerintah untuk  pemulihan ekonomi nasional.
 
Ketua Yellow Clinic J. Dwi Hartanto menyatakan vaksin booster ini merupakan upaya pemerintah untuk menjaga kesehatan dan keselamatan masyarakat.

"Seperti yang kita ketahui pemerintah terus memantau dan mengevaluasi perkembangan Covid-19 di Indonesia. Vaksinasi terus diakselerasi untuk melindungi kesehatan masyarakat, khususnya Covid-19 varian Omicron yang saat ini tengah menyebabkan mulai adanya peningkatan kasus Covid-19 di Indonesia," ujar Dwi Hartanto di sela-sela kegiatan bakti sosial dan pengobatan gratis bagi masyarakat Kota Salatiga, Jawa Tengah dalam rangkaian Perayaan Natal Nasional Partai Golkar,  Jumat (28/1/2022).

Baca Juga: Dwi Hartanto: Bersama AH, Yellow Clinic Golkar Dukung Gaspol Vaksin Anak

Pemerintah juga cepat memerhatikan dan mendorong vaksinasi di Provinsi-provinsi yang capaiannya masih berada di bawah target 70%. 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto kepada media telah menjelaskan bahwa ada 4 Provinsi yang vaksinasinya masih di bawah 70%, namun ada peningkatan capaian, yaitu di Provinsi Maluku Utara telah meningkat ke 68%, Provinsi Maluku di tingkat 66%, Provinsi Papua Barat mencapai 46%, dan Provinsi Papua sekitar 26%.

"Selain upaya meningkatkan vaksinasi dosis pertama dan kedua, termasuk vaksinasi khusus anak, kami di Yellow Clinic juga mendorong masyarakat yang sudah melakukan vaksinasi lengkap untuk mengambil vaksin booster. Hal ini penting dilakukan, untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang sudah mulai menurun paska vaksinasi lengkap yang sudah dilakukan sebelumnya," ungkap Dwi yang dipercaya sebagai Bendahara Perayaan Natal Nasional DPP Partai Golkar ini.
 
 
Selain itu, lanjut dia, vaksinasi booster juga diperlukan untuk memastikan agar tidak terjadi penambahan kasus Covid-19 karena lonjakan varian omicron.
 
"Seperti yang disampaikan oleh tim analisis pemerintah bahwa akan ada puncak lagi di periode Februari hingga Maret. Karena itu kita upayakan seoptimal mungkin vaksin booster ini dan bagi daerah yang belum mencapai target vaksinasi lengkap, ya harus dilengkapi. Supaya prediksi puncak kasus Covid-19 itu tidak akan terjadi. Kalaupun memang terjadi, jumlah kasusnya jangan sampai terlalu banyak dan angka kematian juga dapat ditekan serendah mungkin," ucapnya.
 
Wakil Bendahara Umum DPP Partai Golkar ini menyebutkan Ketua Umum Partai Golkar yang juga adalah Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto menyatakan bahwa pencegahan paparan Covid-19 ini merupakan bagian dari upaya pemulihan perekonomian nasional.
 
 
"Kalau kita mau ekonomi bangkit, ya masyarakat harus sehat. Sehatnya bagaimana? Protokol Kesehatan harus terus dijalankan dan vaksinasi juga dilakukan hingga yang ketiga atau booster. Sehingga, masyarakat dapat beraktivitas dengan tenang, tidak ragu ataupun takut terpapar sehingga kegiatan ekonomi kembali berjalan dan bangkit kembali," jelas Dwi Hartanto.
 
Ketua Yellow Clinic Partai Golkar J Dwi Hartanto saat video call menerima sumbangan dan kerja sama dengan Siloam Hospital (AG. Sofyan)
 
Dwi kembali menegaskan, sebagai bagian dari Partai Golkar, Yellow Clinic sepenuhnya mendukung semua kebijakan yang dikeluarkan pemerintah dalam upaya menyelamatkan dan menjaga kesehatan masyarakat.
 
"Kami akan melakukan yang bisa kami lakukan untuk mendukung kebijakan pemerintah dalam menjaga kesehatan dan keselamatan masyarakat. Bukan saja karena Covid-19 tapi Yellow Clinic juga hadir memberikan bantuan kemanusiaan seperti yang kita lakukan kepada korban erupsi Semeru, pengobatan gratis, dan bantuan medis lainnya, seperti yang kita lakukan di Kota Salatiga ini. Intinya Yellow Clinic akan all out mendukung kebijakan Partai Golkar dengan melakukan yang terbaik untuk masyarakat," tandas Dwi yang juga bagian dari Kagama ini, satu almamater dengan Ketum Airlangga Hartarto ini.
 
 
Sentra Vaksinasi Yellow Clinic
 
Pada kesempatan berbeda Sekretaris Yellow Clinic, dr. Linda Lukitasari Waseso yang rajin meninjau dan memonitor hampir tiap hari pelaksanaan vaksinasi booster di DPP Golkar, Slipi,  menyatakan pelaksanaan program vaksinasi booster setiap hari dimulai pukul 09.00 WIB hingga 12.00 siang.
 
"Ketersediaan vaksin tiap hari untuk kuota 200 orang. Targetnya adalah kelompok rentan, seperti orang tua atau masyarakat dengan komorbid. Hal ini dilakukan untuk meminimalkan dampak dari virus Covid-19 baru yakni Omicron yang diprediksi akan mencapai puncaknya dalam tempo 40 hari paska kasus pertama ditemukan," katanya.
 
Pelaksanaan vaksin booster dan lanjutan vaksinasi dosis 1 dan 2 di sentra vaksinasi Markas Beringin, Slipi sudah dimulai sejak 12 Januari 2021 dan hingga kini terus bisa memberikan layanan masyarakat dengan memenuhi persyaratan medis sesuai ketentuan Satgas Covid-19.
 
 
Dokter Linda menjelaskan melalui Surat Edaran Kemenkes kembali memperbarui daftar merk vaksin yang dapat diberikan sebagai booster. 
 
"Penerima dosis Sinovac tetap bisa diberi booster merek Pfizer atau Astrazeneca. Sementara orang yang sudah menerima Astrazeneca, kini bisa juga menerima booster Pfizer selain Moderna," jelasnya.
 
Ketua Yellow Clinic Partai Golkar, J Dwi Hartanto, Sekretaris dr Linda Lukitasari dan beberapa pengurus berkomitmen menjadikan Yellow Clinic menjadi garda terdepan dalam mendukung program Partai Golkar memberikan pelayanan keselamatan dan kesehatan rakyat (AG Sofyan)
 
Dokter Linda menghimbau kepada masyarakat untuk tidak khawatir. Karena, sesuai arahan pemerintah, penerima Sinovac dapat mendapatkan vaksin jenis lain di program booster ini.
 
 
Dokter Linda yang juga Pengurus PMI Pusat menjelaskan masyarakat yang ingin mendapatkan vaksin booster bisa mendapatkan e-tiket terlebih dulu di aplikasi pedulilindungi.
 
"Tak hanya memberikan vaksin booster, tapi dalam kegiatan ini kami juga mengedukasi masyarakat terkait Covid dan varian Omricon dan bagaimana menjaga imun tubuh agar tak mudah terpapar virus mematikan ini dan bagaimana penularannya. Terutama Omicron, yang saat ini menjadi penyebab naiknya angka kasus Covid-19 di Jakarta," tuturnya.
 
Pihaknya sangat mengapresiasi respon positif dan antusias dari warga masyarakat yang telah berduyun-duyun mendatangi kantor DPP Golkar, Slipi untuk bisa menerima doksin 1, 2 dan sekarang booster. 
 
 
"Alhamdulillah, ini artinya, apa yang dilakukan oleh Yellow Clinic Partai Golkar sangat bermanfaat untuk masyarakat luas dan dibutuhkan kehadirannya tidak saja di Jakarta tapi juga provinsi lainnya. Seperti yang kita selama beberapa hari ini di Kota Salatiga, Jawa Tengah," pungkas dr Linda.***
 

Editor: Agoes Sofyan, SH.MM

Sumber: Liputan langsung narasumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X