• Kamis, 26 Mei 2022

Stiamak Barunawati-ITL Trisakti-PMLI Sepakat Kerjasama Pelatihan Dan Penelitian Kelancaran Logistik Nasional

- Jumat, 21 Januari 2022 | 21:32 WIB
  Ketua Stiamak Barunawati, Sumarzen Marzuki (dua dari kanan) saat menandatangi kesepakatan kerjasama pelatihan dan penelitian untuk kelancaran logistik nasional
Ketua Stiamak Barunawati, Sumarzen Marzuki (dua dari kanan) saat menandatangi kesepakatan kerjasama pelatihan dan penelitian untuk kelancaran logistik nasional


SURABAYA: Tiga perguruan tinggi swasta nasional bidang maritim melakukan pelatihan dan penelitian bersama untuk kelancaran arus logistik nasional di sejumlah pelabuhan. Ketiga perguruan masing-masing Stiamak Barunawati Surabaya, Institut Transportasi dan Logistik (ITL) Trisakti dan Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia (PMLI) Jakarta itu, sama-sama memiliki bidang akademik dengan prodi konsentrasi bisnis pelabuhan, logistik dan transportasi.

Menurut Ketua Stiamak Barunawati Surabaya, Dr Ir Sumarzen Marzuki M MT, pihaknya akan menyumbang penelitian dari aktivitas arus logistik di wilayah pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Sedangkan Trisakti akan meneliti kegiatan di wilayah Tanjung Priok di Jakarta. "Kita akan memastikan bahwa arus logistik di beberapa pelabuhan telah mengalami kemajuan,' ujarnya, Jum'at (21/1/20220.

Sumarzen berharap, penelitian bersama ini akan menyumbang kajian akademik tentang hal-hal yang masih harus dilakukan perbaikan terutama di bidang logistik. "Kami datang sekaligus untuk membalas kunjungan kerjasama Trisakti untuk Stiamak Barunawati beberapa hari lalu," kata dia lagi.

Rektor ITL Trisakti Dr Tjuk Sukardiman sendiri merespon positif kerjasama tersebut. Sebagai perguruan tinggi yang memiliki kesamaan bidang akademik dengan prodi konsentrasi bisnis pelabuhan, logistik dan transportasi tersebut, mereka optimis bisa ikut berkontribusi untuk pelabuhan di Indonesia yang semakin baik lagi.

Pertemuan para praktisi bisnis maritim itu sendiri seakan menjadi ajang reuni pejabat pelabuhan, baik dari Pelindo maupun Kementerian Perhubungan. Dari Stiamak Surabaya turut hadir Ketua Yayasan Barunawati Biru Surabaya (YBBS) Drs Iwan Sabatini MSi, Sekretaris Pembina YBBS Taryono Ronggosuwito, anggota pengawas YBBS Bill Yuller, Ir Tunggal Tripinto DESS, Mudayat MM, dan Sudarmanto MM.

Menurut Kahumas dan Marketing Stiamak Barunawati Surabaya Drs Moh Fail MAg, kedatangan para pimpinan perguruan tinggi dari Surabaya tersebut selain untuk mematangkan rencana penelitian, juga akan mengadakan webinar bersama. Ketiga perguruan tinggi Stiamak Surabaya-ITL Trisakti dan Universitas Brawijaya Malang itu akan menggelar webinar bersama operator pelabuhan Pelindo.

Thema webinar itu nantinya terkait seputar SDM, digitalisasi dan kelancaran arus logistik nasional. "Webinar dimaksudkan untuk penguatan pengetahuan mahasiswa dan masyarakat terhadap kemajuan sistem pelayanan jasa pelabuhan di tanah air," ujar mantan wartawan bisnis Jawa Pos Group tersebut.

Pada hari yang sama, Stiamak Barunawati Surabaya juga melakukan kerjasama dengan PT Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia (PMLI) Jakarta. Kerjasama meliputi bidang pelatihan bisnis pelabuhan. "PMLI sangat terbuka untuk Stiamak. Mahasiswa Stiamak bisa melakukan pelatihan banyak hal tentang bisnis maritim disini (PMLI-red)," ujar Direktur Utama PT Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia, Chiefy Adi Kusmargono tersebut, usai menandatangani MoU di komplek PMLI di Ciawi Bogor.***

Editor: Andira

Tags

Terkini

Konsumsi Makanan Ini Bisa Tingkatkan Libido Anda

Selasa, 24 Mei 2022 | 16:03 WIB

UWKS Mulai Berani Gelar Wisuda Secara Luring

Sabtu, 21 Mei 2022 | 20:28 WIB
X