• Kamis, 26 Mei 2022

BAZNAS Award 2022: Airlangga Hartarto, Tokoh Penggerak Zakat Nasional

- Kamis, 20 Januari 2022 | 23:55 WIB
Airlangga Hartarto, tokoh penggerak Zakat Nasional  (Screenshot BAZNAS.)
Airlangga Hartarto, tokoh penggerak Zakat Nasional (Screenshot BAZNAS.)

JAKARTA: Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto mendapat penghargaan sebagai salah satu tokoh penggerak zakat nasional dari Badan Amil Zakat Nasional atau (BAZNAS).

Penghargaan tersebut diberikan dengan memperhatikan dukungan yang senantiasa diberikan oleh Menko Airlangga dalam koordinasi pengelolaan zakat yang merupakan salah satu bentuk perluasan implementasi keuangan syariah.

Hal ini juga tak terlepas dari peran Menko Airlangga yang duduk dalam Dewan Nasional Keuangan Inklusif (DNKI). Ia aktif bersinergi dengan Baznas dan berbagai kementerian/ lembaga, untuk mendorong peningkatan indeks keuangan inklusif melalui pemberdayaan zakat.

Pengumpulan dan penyaluran zakat melalui layanan keuangan digital, serta penggunaan rekening lembaga keuangan formal, merupakan salah satu bentuk implementasi keuangan inklusif yang mendukung pemulihan ekonomi nasional menghadapi pandemi Covid-19.

Di lain pihak, berbagai bentuk dukungan Kemenko Perekonomian dalam pemberdayaan zakat tersebut mendapatkan apresiasi di ajang BAZNAS Award 2022 di Jakarta, Senin (17/1/2022).

Optimalisasi Pengelolaan Zakat

Kemenko Perekonomian juga mendapat anugerah sebagai salah satu dari 6 lembaga negara pendukung gerakan zakat Indonesia dengan koordinasi yang sinergis dan optimal dalam pengelolaan zakat.

Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kemenko Perekonomian Iskandar Simorangkir menjelaskan, dalam rangka percepatan inklusi keuangan, Kemenko Perekonomian senantiasa berperan aktif mengkoordinasikan stakeholder untuk mendukung program BAZNAS.

"(Khususnya) dalam membentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ) secara sinergis dan berkesinambungan pada seluruh kementerian/ lembaga, pemerintah daerah, hingga korporasi,” ujar Iskandar
yang mewakili Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menerima penghargaan BAZNAS Award 2022, dirilis di laman resmi Kemenko Perekonomian, Rabu (20/1/2022).

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Terkini

Konsumsi Makanan Ini Bisa Tingkatkan Libido Anda

Selasa, 24 Mei 2022 | 16:03 WIB

UWKS Mulai Berani Gelar Wisuda Secara Luring

Sabtu, 21 Mei 2022 | 20:28 WIB
X