• Selasa, 25 Januari 2022

Blue Helmet Bantu Warga Korban Erupsi Gunung Semeru

- Minggu, 5 Desember 2021 | 15:00 WIB

SURABAYA: Musibah erupsi Gunung Semeru di Lumajang mulai menuai simpati berbagai kalangan. Partai Gelombang Rakyat (Gelora) melalui organisasi sayapnya, Blue Helmet misalnya, langsung terjun ke lokasi bencana  pada Sabtu (4/12/2021) sore. 

Menurut Komandan Nasional Blue Helmet Indonesia, Sulfiadi Barmawi, pihaknya datang ke lokasi untuk memberikan bantuan logistik dan layanan medis. "Kami melakukan kegiatan SAR dengan berkolaborasi bersama Basarnas" ujarnya, Minggu (5/12/2021).

Saat ini pihaknya sedang melakukan konsolidasi internal dan membangun kolaborasi dengan Basarnas, serta relawan-relawan yang terlibat. Konsolidasi ini bertujuan memaksimalkan internal resource Blue Helmet untuk membantu masyarakat yang tertimpa musibah melalui pos komando utama yang telah dibentuk. 

Dia berharap  partisipasi semua pihak agar penanganan ini bisa bersinergi dalam menangani masalah ini.  Pihaknya memastikan, kolaborasi dengan Basarnas telah dilakukan dan hari ini akan melakukan operasi SAR bersama.

Semangat kolaborasi ini akan terus dijaga hingga penangan bencana di Lumajang berakhir.  "Dimasa tanggap darurat bencana ini, kami melalui pos komando, melakukan kegiatan operasi SAR bersama Basarnas dan memberikan layanan medis,  serta logistik sesuai kebutuhan penyintas di lapangan," ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPW Partai Gelora Jawa Timur (Jatim) Muhammad Sirot mengatakan, Blue Helmet Lumajang telah bergerak cepat dua jam membantu korban erupsi Semeru dua jam paska letusan. "Alhamdulillah, selang 2 jam setelah letusan gunung semeru,  pasukan helm biru langsung terjun ke lapangan menyalurkan bantuan dari para donatur," ujarnya.

Bantuan tersebut, diberikan kepada masyarat desa Kamar Kajang, Piket Nol, bersebelahan dengan jembatan Gladak Perak yang ambrol diterjang lahar dingin. Sehingga akses menuju Dampit Malang via jalur tersebut tidak bisa diakses untuk saat ini.  

Dia menjelaskan,  tidak sedikit para donatur yang tergerak membantu melalui Blue Helmet, baik dari personal maupun lembaga, KSB ( Komunitas Surabaya Bersedekah). "Blue Helmet bersama Basarnas, bergerak pertama kali di Lumajang", ujar Komandan Blue Helmet Jatim, Hasan.***

Editor: Markon Piliang

Terkini

X