15 Tahun YKAKI: Peduli & Berjuang Bersama Anak Indonesia Penderita Kanker

- Kamis, 4 November 2021 | 23:57 WIB

JAKARTA: Puluhan tahun Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia (YKAKI) berjibaku menyelamatkan anak Indonesia dari penyakit mematikan bernama kanker. Para Pendiri dan Pengurus YKAKI optimis kanker pada anak dapat disembuhkan apabila dikenali secara dini dan memperoleh penanganan yang tepat serta baik.

Ketua Pengurus Yayasan Kasih Anak dan Kanker Indonesia (YKAKI) Ira Soelistyo mengatakan kanker pada anak merupakan masalah yang cukup kompleks mengingat perawatan dan pengobatannya membutuhkan kesabaran ekstra.

"Kanker pada anak dapat disembuhkan apabila dikenali segera secara dini serta memperoleh penanganan tepat dan terbaik," ujar Ira Soelistyo saat Perayaan Virtual 15 Tahun YKAKI di Jakarta, Senin (1/11/2021).

Kondisi itulah menggugah hati orang tua yang pernah mengalami perawatan anak-anak yang menderita kanker, merasa bertanggungjawab untuk berpartisipasi dalam penanggulangan kanker pada anak dengan mendirikan YKAKI pada 1 November 2006 lalu.

“YKAKI didirikan dengan visi bahwa setiap anak Indonesia yang menderita kanker berhak mendapat pengobatan serta perawatan yang sebaik-baiknya, juga hak belajar maupun hak bermain walaupun dalam keadaan sakit,” paparnya.

YKAKI memiliki misi memberikan pengetahuan mengenai kanker pada anak kepada masyarakat luas, mendukung program pemerintah serta melengkapi kegiatan yang telah dilakukan oleh berbagai organisasi.

Dengan menyediakan rumah singgah, pendidikan di rumah sakit, transportasi, membantu mengejar pasien yang tidak melanjutkan pengobatan serta melaksanakan edukasi masyarakat umum.

“Menggalang dana serta dukungan dari berbagai pihak yang peduli kanker pada anak untuk menunjang program dan kegiatan YKAKI,” sebutnya.

Saat ini terdapat beberapa program YKAKi seperti fasilitas akomodasi, rumah singgah rumah kita, fasilitas pendidikan, sosialisasi tentang penyakit kanker anak, bantuan biaya pengobatan dan program donasi.

YKAKI sendiri didirikan para orangtua yang anak-anaknya pernah mengalami perawatan akibat menderita kanker pada 1 November 2006. Simpelnya, pendirian YKAKI merupakan bentuk tanggung jawab para orangtua yang anaknya menderita akibat kanker dalam menanggulangi kanker pada anak di Indonesia.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Terkini

Baksos Bibir Sumbing, Kembalikan Senyum Anak-Anak NTB

Selasa, 24 Januari 2023 | 16:49 WIB
X