• Selasa, 16 Agustus 2022

Gita Santih Nusantara Gelar Berbagai Festival Seni Kedamaian 2021

- Rabu, 27 Oktober 2021 | 07:10 WIB

JAKARTA: Gita Santih Nusantara  kembali menyelenggarakan acara virtual dengan nama The Global Domain Gita Santih Festival 2021.

Kegiatan tahunan tiap bulan Desember ini akan mengusung tema global yaitu Toleransi, Kebudayaan dan Perdamaian dengan subtema Membangun Generasi Toleran dan Berbudaya untuk Mewujudkan Perdamaian Dunia.

Ketua Umum Gita Santih Nusantara Ida Bhawati Prof Dr dr Nyoman Kertia SpPD mengungkapkan Selasa (26/10/2021) hal itu.
Acara tersebut merupakan festival lintas negara, lintas iman dan lintas ras yang bertujuan memupuk  persaudaraan sesama umat manusia untuk perdamaian dunia beserta isinya.

"Festival ini salah satunya menyuarakan  pariwisata berbasis budaya. Itu sebagai upaya menggugah kaum muda dunia untuk berekspresi dengan karya karyanya sehingga dapat memberi vibrasi kepada masyarakat internasional untuk lebih mengenal Indonesia," kata Ida Bhawati Nyoman Kertia.

Menurut Ketua Umum Gita Santih Nusantara ini sektor pariwisata dan sektor sektor perekonomian di Indonesia serta  hampir semua negara di dunia,  telah menjadi lumpuh dalam pandemi covid-19 saat ini.
Karena itu perlu memberikan perhatian yang lebih pada pariwisata yang berbasis budaya dan perlu solusi dengan menyuarakan toleransi sebagai persiapan pasca pandem Covid 19.

"Dalam masyarakat majemuk pantas kiranya kita lebih memperhatikan masalah toleransi dan perdamaian. Maka sebuah solusi cerdas pemerintah telah mencanangkan tahun 2022 sebagai Tahun Toleransi Indonesia," ujar Nyoman Kertia.

Hal itu juga disampaikan kepada wartawan usai Ketua Umum Gita Santih Nusantara ini diterima Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo akhir September 2021.

Ketua Panitia The Global  Domain Gita Santih Festival 2021 Dr Gede Adiputra mengungkapkan, tahun ini merupakan festival kedua dalam rangkaian festival serupa sejak tahun yang lalu.
"Festival yang pertama tahun 2020 yang lalu dibuka oleh Bapak Jendral Purnawirawan Moeldoko, Kepala Staf Kepresidenan RI," kata Gede Adiputra.

Tahun ini acaranya  akan meliputi festival festival fotografi, nyanyian kedamaian populer, nyanyian kedamaian tradisi, festival tutur kedamaian, festival kreativitas dan festival pembacaan Bhagavadgita.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Terkini

Khasiat Buah Kecapi yang Sudah Langka di Jakarta

Senin, 15 Agustus 2022 | 12:49 WIB
X