Kuliah Umum Dirjen Dukcapil Disambut Antusias Mahasiswa Prodi Demografi-Pencatatan Sipil UNS

- Kamis, 11 Maret 2021 | 11:26 WIB
Dirjen Dukcapil Kemendagri, Prof Zudan Arif Fakrulloh memberikan kuliah umum mahasiswa program studi (prodi) D-4 Demografi dan Pencatatan Sipil UNS. UNS adalah universitas pertama di Indonesia yang memiliki prodi D-4 Demografi dan Pencatatan Sipil (Ist)
Dirjen Dukcapil Kemendagri, Prof Zudan Arif Fakrulloh memberikan kuliah umum mahasiswa program studi (prodi) D-4 Demografi dan Pencatatan Sipil UNS. UNS adalah universitas pertama di Indonesia yang memiliki prodi D-4 Demografi dan Pencatatan Sipil (Ist)

SOLO: Kuliah umum yang menghadirkan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri (Dirjen Dukcapil Kemendagri), Prof. Zudan Arif Fakrulloh di Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta (UNS) disambut antusias oleh mahasiswa-mahasiswa program studi (prodi) D-4 Demografi dan Pencatatan Sipil UNS.

Kuliah umum oleh Dirjen Zudan terkait penyelenggaraan administrasi kependudukan (Adminduk) di Indonesia dilakukan secara daring Selasa (9/3/2021).

Banyak mahasiswa yang bertanya mengenai konsep pelaksanaan dan pelayanan administrasi kependudukan, khususnya di bidang pemberian dokumen kependudukan.

Oleh Dirjen Zudan, dijelaskan bahwa pemberian dokumen kependudukan tidak lain adalah karena titah konstitusi dalam rangka negara memberikan perlindungan hukum atas status penduduk itu sendiri.

“Dalam konteks kehidupan bernegara, administrasi kependudukan penting untuk memberikan perlindungan hukum atas status penduduk itu sendiri melalui pemenuhan identitas yang semuanya tercermin dalam 24 output dokumen kependudukan,” jelasnya.

Administrasi kependudukan, lanjut Zudan, juga penting karena telah menciptakan suatu big data kependudukan yang telah banyak berkontribusi kepada peningkatan kualitas di berbagai bidang.

“Hingga saat ini, telah ada 2.849 kementerian atau lembaga yang memanfaatkan big data kependudukan. Hal ini membuktikan pentingnya administrasi kependudukan bagi peningkatan kualitas berbagai instansi, khususnya instansi pelayanan publik, perencanaan pembangunan, alokasi anggaran, pembangunan demokrasi, serta penegakan hukum dan pencegahan kriminal,” urainya.

Prof Zudan menyebut mahasiswa D-4 Demografi dan Pencatatan Sipil UNS patut berbahagia dan berbangga. Pasalnya, alumni program studi tersebut berkesempatan bisa bergabung dengan jajaran pengelola administrasi kependudukan di Indonesia, yang notabene tercatat dalam sejarah sebagai negara dengan jumlah penduduk terbesar keempat di dunia.

“Berbahagia dan bangga, karena rekan-rekan semua nantinya berkesempatan bergabung di jajaran yang mengeloala administrasi kependudukan terbesar nomor 4 di planet bumi,” ucap Zudan kepada para mahasiswa.

Halaman:

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Terkini

Baksos Bibir Sumbing, Kembalikan Senyum Anak-Anak NTB

Selasa, 24 Januari 2023 | 16:49 WIB
X