• Minggu, 3 Juli 2022

Indonesia Lawan Covid-19: Pakai Spray LAVme Olla-Sonia-Reisa Pilihan Bijak

- Selasa, 14 April 2020 | 23:58 WIB
Artis dan influencer Olla Ramlan
Artis dan influencer Olla Ramlan

JAKARTA: Coronavirus bukanlah virus jenis baru, melainkan virus lama yang sudah ada sejak dahulu. Namun, terus bermutasi menjadi lebih ganas, lebih menakutkan.

Dari 19 Desember 2019 lalu sampai sekarang Covid-19 terus bermutasi. Sampai saat ini pun para peneliti dunia masih berpikir dan bekerja keras terus mencari solusi pemutusan mata rantai penularan virus ini. Apalagi para peneliti dunia juga belum menemukan tata laksana atau petunjuk pelaksanaan penanganan Covid-19 secara efektif karena gejalanya selalu berubah-ubah, dari satu orang ke orang lainnya dan tergantung sistem imun dalam tubuh.

"Untuk itu maka yang bisa dilakukan saat ini hanyalah upaya pencegahan, yakni dengan cara hidup bersih, tinggal di rumah, selalu menjaga kesehatan dan kebugaran diri, kemudian menjaga jarak 1,5 meter sampai 3 meter dengan orang lain. Apabila perlu keluar rumah selalu menggunakan masker serta pastikan sanitasi di rumah selalu terkontrol dan terjamin," ujar dr Sonia Wibisono di kediamannya, apartemen di daerah Jakarta Selatan, Selasa (14/4/2020).

Dokter Sonia Wibisono dan dr Reisa Brotoasmoro yang dikenal sebagai influencer memastikan bahwa virus belum ada obatnya, tidak seperti bakteri yang sudah ada obatnya untuk antibiotik.

Virus hanya bisa dikalahkan oleh daya tahan tubuh kita sendiri. Tapi dalam beberapa kasus ada orang yang imun tubuhnya dalam satu titik menyerang tubuh sendiri dari Covid 19 yang dikenal dengan istilah “cytokine syndrome”.

"Jadi masih belum pasti cara penanganan untuk mengalahkan Covid-19. Para dokter dan ilmuwan saat ini tetap menganjurkan pencegahan dengan cara hidup bersih. Kalau saya sendiri sudah sejak belia sudah diajarkan cara hidup bersih oleh kedua orang tua yang kebetulan adalah dokter," jelas Sonia.

Dokter Sonia Wibisono menyarankan untuk mengantisipasi penularan Covid-19 dengan menggunakan alkohol atau hand sanitizer atau mencuci tangan dengan sabun. Bersihkan selalu ruangan dengan spray yang bisa membasmi lapisan luar Coronavirus.

"Sebab, sampai hari ini organisasi kesehatan dunia, WHO dapat memastikan Covid-19 tersebar melalui cairan batuk bersin dan air liur. Namun, yang pasti Covid-19 bisa bertahan ataupun mengendap selama 2 sampai 8 hari di permukaan perabotan. Makanya rajin-rajin membersihkan ruangan dengan disinfektan," kata Sonia yang juga selebritas ini.

Masyarakat Indonesia Beruntung

Halaman:

Editor: AG. Sofyan

Terkini

X