MahaDasha Group -  Human Initiative Bekerja Sama Buka Akses Air Bersih Layak Konsumsi

- Selasa, 21 Maret 2023 | 23:10 WIB
Warga Desa Sampir sudah bisa menikmati air bersih layak konsumsi.
Warga Desa Sampir sudah bisa menikmati air bersih layak konsumsi.

 

SUARAKARYA.ID: PT Mahadana Dasha Utama (MahaDasha) Group berkerja sama dengan Human Initiative (HI) buka akses air bersih layak konsumsi. Bagi masyarakat Desa Sampir, Kecamatan Waringinkurung, Kabupaten Serang, Banten, Selasa (21/3/2023). 

Program ini, seiring dengan komitmen MahaDasha untuk turut berkontribusi dalam upaya Pemerintah mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG). Khususnya tujuan utama keenam, yakni akses terhadap air bersih dan fasilitas sanitasi yang layak 

Air bersih dan sanitasi yang dikelola dengan aman diakui sebagai prioritas utama. Dalam meningkatkan kesehatan, gizi, dan produktivitas masyarakat.

Baca Juga: Selama Ramadan,  Menaker Minta Para Pegawai Kemnaker Tetap Produktif

MahaDasha telah  melaksanakan program “Air untuk Kehidupan”, yang kini dikenal sebagai Water, Sanitation and Hygiene (WASH) MahaDasha Group sejak tahun 2014.

"Hal ini juga sesuai amanah pemenuhan tanggung jawab social perusahaan. Yang telah diberikan Tiara Marga Trakindo, induk usaha dari MahaDasha," terang  Corporate Communication Manager MahaDasha Rani Hartanti. 

Tidak hanya pembangunan fasilitas Sarana Air Bersih (SAB), untuk memastikan program dapat berlangsung secara berkelanjutan dan memberi manfaat bagi warga. MahaDasha Group melengkapi program dengan pemberian edukasi PHBS (Pola Hidup Bersih dan Sehat) dengan melibatkan kader bidan di Desa Sampir. 

Baca Juga: Pelepasan PMI, BP2MI Tak Henti Libatkan Pemerintah Daerah

Guna mengubah  mindset serta membangun budaya hidup bersih dan sehat di lingkungan warga. MahaDasha Group juga bekerja sama dengan Human Initiative, melakukan program pemenuhan MCK keluarga di Kampung Pakembaran, Serang – Banten. 

Masyarakat di tempat itu masih melakukan BABS (Buang Air Besar Sembarangan) di sawah ataupun di kebun. Untuk itu, sebanyak 30 MCK keluarga sesuai standar kesehatan dibangun di wilayah kampung disertai dengan sosialisasi PHBS

Dengan adanya bantuan itu, masyarakat tidak perlu lagi melakukan BABS di sawah atau kebun lagi. Karena, dapat menggunakan MCK di rumah masing-masing.

Baca Juga: Pengiriman PMI Nonprosedural dan TPPO,  Melibatkan Oknum di Pemerintahan

“Sejak dilaksanakan di tahun 2014, MahaDasha Group telah membangun 10 titik SAB dan 60 MCK, serta memberikan manfaat kepada lebih dari 2.500 jiwa," tutur Rani. 

Halaman:

Editor: Gungde Ariwangsa

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X