• Kamis, 1 Desember 2022

Sah, Anwar Ibrahim Dilantik Raja Sultan Abdullah, Jabat PM ke-10 Malaysia

- Kamis, 24 November 2022 | 20:58 WIB
Sah, Anwar Ibrahim Dilantik Raja sebagai PM ke-10 Malaysia. (The Straits Times)
Sah, Anwar Ibrahim Dilantik Raja sebagai PM ke-10 Malaysia. (The Straits Times)

SUARAKARYA.ID: Ketua Pakatan Harapan (PH) Anwar Ibrahim resmi dilantik sebagai perdana menteri ke-10 Malaysia pada Kamis, mengakhiri penantian selama 24 tahun untuk memimpin negara tersebut.

Dilaporkan The Straits Time,  mengenakan baju melayu hitam dengan sampin emas, Anwar Ibrahim tersenyum lebar saat dipanggil untuk mengambil sumpah jabatan dan kerahasiaannya.

Datuk Seri Anwar (75 tahun), diangkat setelah raja, Sultan Abdullah Ahmad Shah, membuat keputusan setelah konferensi dengan penguasa lain dalam pertemuan khusus sembilan raja negara.

Baca Juga: Hasil Penelitian, Penyebab Terbanyak Gagal Ginjal Akut Karena Intoksikasi Obat

“Setelah melalui pandangan para penguasa Melayu, Yang Mulia telah menyetujui pengangkatan Datuk Seri Anwar Ibrahim sebagai perdana menteri ke-10 Malaysia,” kata Pengawas Kerajaan Fadli Syamsuddin, Kamis (24/11/2022) sore.

Upacara tersebut dihadiri pejabat tinggi seperti sekretaris pemerintah, hakim agung, jaksa agung, pembicara dari kedua majelis parlemen dan para pemimpin dari PH dan Barisan Nasional (BN).

Anwar duduk di sebelah istri dan mantan wakil perdana menteri Wan Azizah Wan Ismail, bersama enam anak mereka termasuk mantan anggota parlemen Nurul Izzah Anwar.

Baca Juga: Gempa Cianjur,  Menko PMK Dampingi Presiden Pastikan Evakuasi dan Bantuan Logistik

“Amanah ini akan dipikul dengan kerendahan hati dan tanggung jawab.  Saya akan menjalankan tugas serius ini dengan tim saya dipandu oleh kemauan dan keinginan rakyat,” kata Anwar dalam tweet setelah dia dilantik.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bakamla RI Gelar ASEAN Coast Guard Forum 2022 di Bali

Selasa, 22 November 2022 | 21:46 WIB
X