• Selasa, 6 Desember 2022

Hadiri KTT APEC di Bangkok, Jokowi Ungkap Fokus Utama Indonesia

- Jumat, 18 November 2022 | 08:28 WIB
Hadiri KTT APEC di Bangkok, Jokowi Ungkap Fokus Utama Indonesia.  (BPMI Setpres)
Hadiri KTT APEC di Bangkok, Jokowi Ungkap Fokus Utama Indonesia. (BPMI Setpres)

SUARAKARYA.ID: Perhelatan G20 usai, Presiden Joko Widodo (Jokowi) lanjut menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) 2022 yang digelar di Bangkok, Thailand, Jumat (28/11/2022) hari ini.

KTT APEC merupakan rangkaian terakhir KTT yang dihadiri Presiden Jokowi bulan November 2022. Setelah KTT ASEAN di Phnom Penh, Kamboja, 11-13 November dan KTT G20 di Bali, Indonesia, 15-16 November.

Kegiatan Presiden Jokowi menghadiri KTT APEC di Bangkok disampaikan langsung oleh Presiden lewat jumpa pers khusus di Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Kamis (17/21/2022) yang disiarkan di Kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Baca Juga: Kembangkan Technologi Smart Farming dan Green House, Petani Milenial Subang Pukau President IFAD

"Hari ini, saya dengan Ibu Negara dan delegasi terbatas akan berangkat menuju Bangkok, Thailand. Saya akan menghadiri rangkaian pertemuan KTT APEC hingga besok Jumat tanggal 18 November 2022,” ujar Presiden Jokowi sebelum bertolak ke Thailand.

Menurut Presiden, fokus utama Indonesia dalam KTT APEC adalah mendorong pemulihan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

“Prinsipnya, leave no one behind. Transformasi digital, ekonomi hijau, dan hilirisasi menjadi prioritas Indonesia di APEC tahun ini,” ujarnya.

Baca Juga: Menpora Amali Tegaskan Indonesia Sangat Serius Jadi Tuan Rumah Olimpiade

Lebih jauh Kepala Negara menjelaskan, APEC mewakili hampir 3 miliar penduduk dunia dan 60 persen Produk Domestik Bruto (PDB/GDP) dunia.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bakamla RI Gelar ASEAN Coast Guard Forum 2022 di Bali

Selasa, 22 November 2022 | 21:46 WIB
X