• Selasa, 6 Desember 2022

Diterima Ketua Presidensi BiH Sefik Dzaferovic, Dubes Roem Kono: RI Diyakini Jadi Pelita "Kegelapan" Dunia

- Rabu, 16 November 2022 | 19:38 WIB
Duta Besar LBBP Indonesia untuk Bosnia dan Herzegovina Roem Kono mengapresiasi atensi besar Ketua Presidensi Bosnia Herzegovina (BiH) Sefik Indonesia yang meyakini Indonesia menjadi pelita terang  (AG Sofyan )
Duta Besar LBBP Indonesia untuk Bosnia dan Herzegovina Roem Kono mengapresiasi atensi besar Ketua Presidensi Bosnia Herzegovina (BiH) Sefik Indonesia yang meyakini Indonesia menjadi pelita terang (AG Sofyan )
 
 
SUARAKARYA.ID: Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (LBBP) Indonesia untuk Bosnia dan Herzegovina Drs. H. Roem Kono, M.IPol mengapresiasi kunjungan kehormatan Ketua Presidensi Bosnia dan Herzegovina (BiH), Sefik Dzaferovic.
 
Duta Besar Republik Indonesia untuk Bosnia Herzegovina (BiH) Roem Kono mengatakan dirinya pada Senin (7/11/2022) bertemu dengan Ketua Presidensi BiH, Sefik Dzaferovic. Pertemuan itu berlangsung di kantor kepresidenan BiH di Sarajevo, Bosnia Herzegovina.
 
 
Kerjasama antara Indonesia dan Bosnia Herzegovina (BiH) terjalin erat salah satunya di bidang perekonomian. Sebab itu, sektor ekonomi dan perdagangan kedua negara menjadi penting untuk terus dikembangkan dan ditingkatkan.
 
"Sebagai pemimpin negara, Yang Mulia Sefik Dzaferovic menegaskan Indonesia sekarang semakin maju sangat pesat dan tumbuh makin kuat. Berkembang di dalam negeri bahkan juga berpengaruh di kancah dunia. Terlebih dipercaya memegang Keketuaan sebagai Presidensi G20 yang berlansung di Bali, Indonesia," ujar Dubes Roem Kono menceritakan tentang obrolannya dalam pertemuan itu kepada suarakarya.id dalam sambungan telpon.
 
 
Dubes Roem mengaku datang memenuhi undangan pemimpin negeri pecahan Yugoslavia ini karena diundang khusus dalam agenda pertemuan itu. Sebab, sebagai Ketua Presidensi BiH Sefik Dzaferovic akan memasuki akhir masa jabatannya.
 
"Diganti karena hasil pemilu. Dia tidak mencalonkan lagi. Beliau mengucapkan terima kasih kepada Indonesia.Pertemuan khusus ini yang ketiga kalinya saya dengannya," ungkap Roem yang sebelum jadi Dubes dikenal sebagai politisi senior Golkar ini.
 
 
Ketua Presidensi Bosnia Herzegovina (BiH) Sefik Dzaferovic bertemu Dubes Roem Kono menegaskan Indonesia sekarang semakin maju sangat pesat, tumbuh makin kuat di dalam negeri, juga berpengaruh di kancah dunia. Terlebih dipercaya memegang Keketuaan sebagai Presidensi G20 yang berlansung di Bali (AG Sofyan )
Dubes Roem mengatakan Indonesia sebagai negara yang memiliki penduduk Islam terbesar di dunia juga menjadi perhatian para pemimpin BiH. Termasuk para pemimpin negara-negara Balkan.
 
"Mereka melihat kemajuan pesat dialami Indonesia. Sebab itu keberadaan Indonesia patut diapresiasi negara-negara di Eropa Timur dan belahan dunia," ucapnya.
 
 
Negara-negara Balkan itu diantaranya seperti Albania, Bulgaria, Kroasia,  Rumania, Serbia, Slovenia. Balkan merupakan sebuah semenanjung Eropa sebelah tenggara.
 
Ketua Presidensi BiH, Sefik Dzaferovic dalam penuturannya kepada Dubes Roem Kono menyatakan perkembangan di Indonesia banyak melakukan transformasi di berbagai bidang. Khususnya bidang sumber daya manusia dan dunia digital. Oleh karenanya Indonesia dipercaya akan menjadi negara besar di masa mendatang dengan kekuatan sumber daya alam yang melimpah dan sumber daya manusia terbesar setelah Cina dan India.
 
 
"Banyak lompatan besar yang dilakukan Presiden Joko Widodo. Para Pemimpin Negara-negara di Balkan juga sangat memantau perkembangan di Indonesia. Termasuk hasil-hasil penting KTT G20 yang hari ini, Rabu (16/11/2022) masih berlangsung untuk menelorkan komunike bersama,"ungkap politisi Beringin ini.
 
Dengan dipercayanya Indonesia  menjadi Ketua KTT G20 harapannya bisa berdampak luas bagi Indonesia sendiri dan dunia. Tidak hanya untuk anggota  G20 saja, tetapi kepada masyarakat dunia. 
 
 
"Dunia kini sedang mengalami ancaman resesi dunia, ditandai dengan krisis energi dan pangan. Juga akibat dampak Perang Ukraina dan Rusia yang belum menemukan solusi damai yang konkret," ungkap Dubes Roem.
 
Imbas terjadinya perang tersebut, kata dia, berdampak meluas ke seluruh penjuru negara. Sehingga diharapkan melalui diskusi di Forum G20 bisa dapat mencapai kesepakatan. Khususnya dibidang ekonomi dan hubungan antara negara dan masyarakat dunia.
 
 
Harapannya, tandas Dubes Roem, Indonesia bisa menyatukan dan menyelamatkan dunia dalam momentum KTT G20 dan saat kepemimpinan Presiden Joko Widodo.
 
"Menghadapi krisis ekonomi sekarang ini sangat diharapkan terutama bagi negara  berkembang dimana kami ditugaskan sebagai Wakil Indonesia di Bosnia dan Herzegovina agar Indonesia menjadi pelopor perdamaian di dunia dan menjadi negeri yang bisa menciptakan cahaya terang bagi kegelapan dunia," ucap mantan Wakil Ketua Komisi IV DPR RI saat menjadi anggota parlemen ini.
 
 
Selama pertemuan itu, Roem Kono juga menerima amanah untuk disampaikan kepada Presiden Joko Widodo dan Menteri Luar Negeri Retno L Marsudi.
 
Mengingat masalah itu tentang diplomasi maka dirinya akan menyampaikan langsung kepada presiden.
 
"Ada amanah yang akan saya sampaikan langsung kepada Presiden dan Menlu. Karena ini masalah diplomasi-diplomasi internasional. Ini amanah tidak mengikat tapi tertutup, jadi saya harus menyampaikannya langsung kepada Presiden," jelasnya.
 
 
(Persahabatan erat antara Indonesia dengan Bosnia Herzegovina (BiH) ditunjukkan dengan pertemuan khusus hngga ketiga kalinya antara Presidensi Bosnia Herzegovina (BiH) Sefik Dzaferovic dengan Dubes Luar LBBP Indonesia untuk Bosnia dan Herzegovina Roem Kono)
Dia juga menyampaikan bahwa Indonesia punya kebijakan luar negeri yang diatur dalam konstitusi yaitu bebas aktif. Indonesia juga berperan untuk ikut menjaga perdamaian dunia.
 
Bisa berdampak kerjasama dan harmonisasi dari para bangsa. Menghindari peperangan dan menjalin kerjasama antar negara.
 
"Beliau juga mengucapkan terimakasih kepada saya sebagai Dubes LBBP Indonesia di Bosnia dan Herzegovina karena telah menjembatani kerjasama untuk Indonesia di berbagai bidang,"pungkas tokoh pendiri Provinsi Gorontalo ini. ***
 

Editor: Markon Piliang

Sumber: Liputan langsung narasumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bakamla RI Gelar ASEAN Coast Guard Forum 2022 di Bali

Selasa, 22 November 2022 | 21:46 WIB
X