• Selasa, 6 Desember 2022

Pidato Bahasa Inggris Jokowi Buka KTT G20 Bali: Kita Harus Mengakhiri Perang!

- Selasa, 15 November 2022 | 18:02 WIB
Pidato Garang Jokowi Buka KTT G20 Bali: Kita Harus Mengakhiri Perang! (Instagram @jokowi)
Pidato Garang Jokowi Buka KTT G20 Bali: Kita Harus Mengakhiri Perang! (Instagram @jokowi)

SUARAKARYA.ID: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, sebagai bangsa tidak punya pilihan lain bahwa paradigma kolaborasi sangat dibutuhkan untuk menyelamatkan dunia.

Demikian disampaikan Presiden dalam pidatonya pada Pembukaan Sesi I Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20, tentang 'Kondisi Ekonomi Global, Ketahanan Pangan, dan Energi' di Hotel Apurva Kempinski, Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11/2022).

"Kita semua memiliki tanggung jawab, tidak hanya untuk orang-orang kita, tetapi juga untuk orang-orang di dunia," ungkap Presiden Jokowi dalam bahasa Inggris dalam tayangan video di YouTube Sekretariat Presiden.

Baca Juga: Pertemuan Bilateral Menhub dengan Jepang dan Korsel Bahas Pengembangan Transportasi

Menurut Jokowi, bertanggung jawab berarti menghormati hukum internasional dan prinsip-prinsip Piagam PBB secara konsisten. Bertanggung jawab berarti menciptakan situasi win-win, bukan zero-sum.

"Bertanggung jawab di sini juga berarti kita harus mengakhiri perang. Jika perang tidak berakhir, dunia akan sulit bergerak maju. Jika perang tidak berakhir, akan sulit bagi kita untuk bertanggung jawab atas masa depan generasi sekarang dan generasi mendatang," kata Presiden.

"Kita seharusnya tidak membagi dunia menjadi beberapa bagian. Kita tidak boleh membiarkan dunia jatuh ke dalam perang dingin lagi," ujarnya.

Baca Juga: Tiba-Tiba Gatal di Kulit, Segera Cek Gula Darah, Pertanda Diabetes ?

Secara khusus Presiden Jokowi memaparkan kehidupan demokrasi di Indonesia, yang memiliki 17.000 pulau, 1.300 suku bangsa, serta lebih dari 700 bahasa daerah.

Menurut Presiden, demokrasi di Indonesia berjalan dari tataran tingkat desa, pemilihan kepala desa, sampai tataran negara, pemilihan presiden, gubernur, bupati, dan wali kota.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bakamla RI Gelar ASEAN Coast Guard Forum 2022 di Bali

Selasa, 22 November 2022 | 21:46 WIB
X