• Selasa, 7 Februari 2023

Bahas Riset Bidang Energi, Delegasi UI Bertandang ke MIT

- Selasa, 11 Oktober 2022 | 07:46 WIB
Foto: UI
Foto: UI

SUARAKARYA.ID: Universitas Indonesia (UI) yang diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris dan Dekan Fakultas Teknik, Prof. Dr. Heri Hermansyah, M. Eng. bertandang ke Massachusetts Institute of Technology (MIT) pada hari Sabtu (8/10/2022) lalu. Di kampus nomor satu di dunia tersebut, UI memenuhi undangan untuk membahas rencana kolaborasi riset antara UI dan MIT Energy Inititive (MITei).

Delegasi UI diterima oleh pimpinan MITei antara lain Robert Stoner selaku Deputy Director for Science & Technology dan Lihong Duan selaku Director Asia Pasific Energy Partnership. Pertemuan yang diselenggarakan di Kampus MIT Boston Amerika Serikat (AS) tersebut guna membahas detail rancangan skema pengiriman para peneliti UI untuk belajar mengenai energi di MIT, sekaligus memperkuat global engagement UI dengan universitas kelas dunia.

Berkenaan dengan Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan Kemdikbud, Prof. Haris turut mengusulkan peningkatan kuota peserta pertukaran mahasiswa UI untuk mengikuti student exchange ke kampus tersebut, baik melalui skema Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) maupun program-program flagship bentukan UI.

Baca Juga: Biotech for Stronger Recovery: UI Jadi Tuan Rumah Kongres Komunitas Bioteknologi Asia di Bali

Ia juga mengajukan adanya kegiatan magang bersama industri yang dapat diikuti oleh kedua belah pihak, serta membahas Global Executive Program (GEP) untuk para pemegang keputusan di industri maupun pemerintahan yang diselenggarakan melalui kerjasama UI dan MIT

Tak lupa, Prof. Haris menyapa para mahasiswa UI yang tengah mengikuti exchange ke Boston University dan berdiskusi tentang kelancaran studi mereka.

Baca Juga: Ketua MWA UI Saleh Husin Berbaur Bersama Ribuan Wisudawan UI

“Kalian adalah duta UI di kampus unggulan global, sekaligus bukti bahwa putra-putri terbaik Indonesia mampu bersaing dan bertahan di perguruan tinggi paling kompetitif di dunia. Kami bangga kepada kalian, Indonesia dan orang tua juga pasti demikian. Manfaatkan kesempatan belajar ini sebaik-baiknya,” pesannya di sela-sela makan malam bersama mahasiswa. ***

Editor: Dwi Putro Agus Asianto

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sedikitnya 32 Tewas dalam Kecelakaan Pesawat di Nepal

Minggu, 15 Januari 2023 | 15:48 WIB
X