• Senin, 28 November 2022

Gawat! AS Siap Respon Tegas jika Rusia Gunakan Nuklir di Ukraina

- Kamis, 29 September 2022 | 07:09 WIB
Foto ilustrasi. (Reuters)
Foto ilustrasi. (Reuters)

SUARAKARYA.ID: Amerika Serikat (AS) bereaksi keras siap memberikan 'balasan' langsung terhadap Rusia menyusul ancaman tersirat Presiden Vladimir Putin yang tidak segan-segan akan menggunakan apa pun dalam perang melawan Ukraina.

Pernyataan Putin mendatangkan spekulasi bahwa jika Moskow merasa dalam kondisi terdesak atau terancam kedaulatannya, bisa saja menggunakan senjata nuklir. Apalagi, Putin menekankan bahwa pernyataannya bukan sekedar gertakan.

Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan menegaskan, AS akan menanggapi setiap penggunaan senjata nuklir Rusia terhadap Ukraina. Ia mengingatkan kepada Moskow terkait 'konsekuensi bencana' yang akan dihadapinya bila senjata nuklir digunakan di Ukraina.

Baca Juga: Menko Airlangga Raih Anugerah Tokoh Pemulihan Ekonomi Nasional, Penggerak Keberhasilan Program Kartu Prakerja

Menurut Sullivan, apabila Rusia melewati batas maka akan ada konsekuensi bencana bagi Rusia. "Amerika Serikat akan merespons dengan tegas," kata Sullivan, Minggu (25/9/2022), dikutip dari Reuters, Selasa (27/9/2022).

Peringatan AS terbaru ini untuk merespon ancaman nuklir terselubung yang dilontarkan Presiden Vladimir Putin, baru-baru ini bahwa Rusia akan menggunakan senjata apa pun untuk mempertahankan wilayahnya.

Sebelumnya dalam sebuah wawancara "60 Menit" CBS News, pekan lalu, Presiden AS Joe Biden mengingatkan kepada Presiden Putin untuk jangan sekali-kali menggunakan senjata nuklir dalam perang melawan Ukraina.

Baca Juga: Banggakan Produk Lokal Jadi Kampiun Dunia, Irwan Hidayat Raih Lifetime Achievement Award IBF 2022

Karena, kata Biden, pemakaian senjata pemusnah massal tersebut akan mengubah wajah perang seperti Perang Dunia II.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bakamla RI Gelar ASEAN Coast Guard Forum 2022 di Bali

Selasa, 22 November 2022 | 21:46 WIB
X