• Senin, 3 Oktober 2022

Mahkota Ratu Diangkat dari Atas Peti Mati-nya Tandai Era Baru Inggris Dipimpin Raja

- Selasa, 20 September 2022 | 12:06 WIB
Mahkota Ratu diangkat dari atas peti matinya  menandai era baru Inggris dipimpin seorang Raja. (Tangkapan layar BBCNews)
Mahkota Ratu diangkat dari atas peti matinya menandai era baru Inggris dipimpin seorang Raja. (Tangkapan layar BBCNews)

SUARAKARYA.ID: Usai sudah upacara pemakaman kenegaraan untuk Ratu Elizabeth II yang diselenggarakan di Westminster Abbey, Senin (19/9/2022) waktu setempat atau Selasa (20/9/2022) dinihari WIB.

Prosesi upacara pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II disiarkan secara live di kanal YouTube BBC News. Dari pantauan Suarakarya.id, sampai pukul 10.00 WIB, acara berdurasi hampir 9 jam tersebut ditonton 10 juta pemirsa

Berakhirnya penyelenggaraan misa atau kebaktian khusus yang dipimpin Uskup Agung Canterbury Justin Welby di Kapel St George menandai berakhirnya pula prosesi pemakaman kenegaraan dan hari berkabung nasional yang sudah berlangsung sejak sepuluh hari lalu.

Baca Juga: Biadab, PMJ Ungkap Eksploitasi Seks Bermotif Ekonomi, 2 Tersangka Diringkus

Selanjutnya praktis sudah tidak ada lagi prosesi resmi lainnya kecuali ibadah 'pelepasan' khusus untuk keluarga yang digelar tertutup dari publik Inggris dan dunia. Ratu Elizabeth II yang berkuasa selama 70 tahun wafat di Kastil Balmoral, Skotlandia, Kamis (8/9/2022) lalu.

Di situlah momen-momen pastinya yang sangat mengharukan manakala keluarga inti benar-benar harus ikhlas melepas kepergian sang Ratu, yang begitu mereka cintai.

Yang menarik, ada acara khusus manakala secara simbolis mahkota sang Ratu yang diletakkan di atas peti diangkat dari atas peti tersebut untuk kemudian nantinya akan disimpan di dalam museum di Tower of London.

Baca Juga: 11 Negara Hadir pada Kapal Api Indonesia International Series 2022

Pengangkatan mahkota Ratu ini sekaligus menandai 'akhir masa Ratu Elizabeth II menjadi Ratu Inggris berkuasa selama 70 tahun', yang kini digantikan putera sulungnya, Raja Charles III.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Profil  Permaisuri Camilla Istri Pangrran Charles III

Kamis, 15 September 2022 | 05:59 WIB
X