• Jumat, 7 Oktober 2022

Disahkan Dewan Aksesi, Charles III Resmi Jadi Raja Inggris Gantikan Ratu Elizabeth II

- Minggu, 11 September 2022 | 07:34 WIB
Sah sudah Raja Charles III gantikan Ratu Elizabeth II. (Screenshot Reuters.)
Sah sudah Raja Charles III gantikan Ratu Elizabeth II. (Screenshot Reuters.)

SUARAKARYA.ID: Pangeran Charles resmi diproklamirkan sebagai Raja Inggris oleh Dewan Aksesi (Accession Council) di istana tertua di Inggris, Istana St James, London, Sabtu (10/9/2022) waktu setempat.

Dilansir Reuters, Dewan Aksesi pun resmi menyebut nama Raja Charles III sebagai penerus kepemimpinan monarki Kerajaan Inggris dan persemakmurannya.

Dewan Aksesi adalah lembaga seremonial beranggotakan para bangsawan, tokoh politik dan keagamaan, termasuk Permaisuri Camilla, Pangeran William, Perdana Menteri (PM) Inggris Liz Truss, anggota kabinet dan anggota kabinet bayangan, serta Uskup Agung Canterbury.

Baca Juga: Tidak Profesional Tangani Pembunuhan Brigadir J, AKBP Jerry Siagian Dipecat dari Polri

Jumlah anggota Dewan Aksesi yang hadir dilaporkan hanya sekitar 250 orang dari 700 orang. Bagi anggota yang sudah tidak lagi aktif dalam jabatan publik danbingin hadir harus ada surat khusus mengingat keterbatasan kapasitas di lokasi upacara aksesi.

Sebagai pemimpin seremoni tersebut, Ketua House of Commons dan Presiden House of Lords, Parlemen Inggris, Penny Mordaunt, mengawali dengan secara simbolis mengumumkan wafatnya Ratu Elizabeth II di hadapan para anggota Dewan Aksesi.

Kemudian, Panitera Dewan Penasihat pada Dewan Aksesi ini, Richard Tilbrook, menyampaikan penetapan Charles sebagai Raja Inggris yang baru, dengan sebutan Raja Charles III.

Baca Juga: Kasau Marsekal Fadjar Prasetyo Kukuhkan Lambang Kesatuan Jajaran Kodiklatau

Menurut Tilbrook, atas kematian Ratu Elizabeth II maka yang berhak atas mahkota Inggris Raya dan Irlandia Utara, atas perkenan dan rahmat Tuhan Yang Maha Kuasa, adalah Pangeran Charles, Philip Arthur George.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Profil  Permaisuri Camilla Istri Pangrran Charles III

Kamis, 15 September 2022 | 05:59 WIB
X