• Sabtu, 1 Oktober 2022

Pidato Lengkap Jokowi Saat Bertemu PM Kishida di Tokyo: RI-Jepang, Teman Tapi Mesra

- Kamis, 28 Juli 2022 | 11:32 WIB
Presiden Jokowi dan PM Fumio Kish8da. (Tangkapan layar YouTube )
Presiden Jokowi dan PM Fumio Kish8da. (Tangkapan layar YouTube )

SUARAKARYA.ID: Pernyataan Pers Bersama Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) digelar di Kantor Perdana Menteri Jepang, Tokyo, Rabu, 27 Juli 2022.

Berikut ini pernyataan lengkap Presiden Jokowi, yang disampaikan dalam bahasa Indonesia dan diterjemahkan dalam bahasa Jepang, ditayangkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Yang Mulia Perdana Menteri Kishida,
Terima kasih atas sambutan hangatnya kepada saya dan delegasi.

Kepada Kekaisaran, Pemerintah, dan juga masyarakat Jepang, saya atas nama masyarakat Indonesia, sekali lagi menyampaikan dukacita yang mendalam atas meninggalnya mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

Baca Juga: Ngotot UMP Rp4,6 Juta Anies Segera Ajukan Banding Putusan PTUN, Dewan Ini Beri Apresiasi

Dalam pertemuan saya dan Perdana Menteri Kishida, kami telah menyepakati banyak hal. Kita sepakat protokol perubahan IJEPA (Indonesian-Japan Economic Partnership Agreement) dapat diselesaikan dan ditandatangani pada KTT G20 di Bali, November mendatang.

Secara khusus, saya meminta agar Jepang dapat memberikan dukungan penurunan tarif untuk beberapa produk, antara lain tuna, pisang, nanas, dan akses pasar untuk produk-produk mangga.

Saya menyambut baik sejumlah investasi baru Jepang di Indonesia dan sangat menghargai proyek-proyek yang diselesaikan tepat waktu, dan mengundang investasi baru Jepang lainnya di berbagai bidang.

Baca Juga: Daerah Terdepan, Pos Lintas Batas Negara Kaltara Terang, Komitmen PLN Listriki Penjuru Negeri

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Profil  Permaisuri Camilla Istri Pangrran Charles III

Kamis, 15 September 2022 | 05:59 WIB
X