• Sabtu, 1 Oktober 2022

Pidato Lengkap PM Kishida Saat Bertemu Jokowi di Tokyo: Singgung Pasukan Beladiri Jepang

- Kamis, 28 Juli 2022 | 11:02 WIB
PM Fumio Kishida dan Presiden Jokowi dalam pernyataan bersama di Tokyo. (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)
PM Fumio Kishida dan Presiden Jokowi dalam pernyataan bersama di Tokyo. (Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden)

SUARAKARYA.ID: Pernyataan Pers Bersama Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) digelar di Kantor Perdana Menteri Jepang, Tokyo, Rabu, 27 Juli 2022.

Berikut ini pernyataan lengkap Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, yang disampaikan dalam bahasa Jepang dan diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, disiarkan di YouTube Sekretariat Presiden.

Saya sangat menyambut baik kedatangan Bapak Presiden Joko Widodo ke Jepang dari lubuk hati saya. Indonesia adalah Mitra strategis bagi Jepang yang berbagi nilai-nilai dasar dan kepentingan strategis.

Baca Juga: Daerah Terdepan, Pos Lintas Batas Negara Kaltara Terang, Komitmen PLN Listriki Penjuru Negeri

Setelah kunjungan saya ke Jakarta pada April tahun ini kami dapat bertemu kembali di Tokyo untuk bertukar pandangan secara terbuka. Hal ini merupakan bukti eratnya hubungan di antara negara kita.

Pada pertemuan hari ini kami telah berdiskusi mengenai berbagai topik. Di antaranya, perkembangan baru dari Indo Pasifik yang bebas dan terbuka, kerjasama konkrit yang berkontribusi dalam mewujudkan ASEAN Outlook di Indo Pasifik, hubungan bilateral yang luas termasuk energi dan investasi serta kerja sama menuju KTT G20 yang diketuai oleh Presiden Joko Widodo pada tahun ini

Kami juga telah mengkonfirmasi untuk berkoordinasi secara erat setiap bidang kerja sama. Pertama-tama dalam rangka mewujudkan perdamaian dan keamanan di kawasan laut yang mengelilingi Indonesia, saya telah menyampaikan kepada Presiden Joko Widodo bahwa Jepang akan mendukung lebih lanjut peningkatan kemampuan keamanan maritim, termasuk penelitian yang sedang dilaksanakan untuk kerja sama hibah kapal patroli.

Baca Juga: Ini Dia Penginapan Mewah Bagi Peserta Piala Dunia 2022 Qatar, Sebagian Besar No Alkohol

Kami juga menyambut baik memorandum kerja sama dalam bidang security maritim telah ditandatangani. Kemudian, pada bulan depan pasukan bela diri darat Jepang akan berpartisipasi untuk pertama kalinya dalam Latihan Bersama Multilateral Garuda Shio yang diselenggarakan di Indonesia.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Profil  Permaisuri Camilla Istri Pangrran Charles III

Kamis, 15 September 2022 | 05:59 WIB
X