• Sabtu, 1 Oktober 2022

Pertemuan Jokowi-Kishida: RI-Jepang Sepakat Eratkan Kerja Sama Ekonomi dan Keamanan Maritim

- Kamis, 28 Juli 2022 | 10:29 WIB
Presiden Jokowi dan PM Fumio Kishida dalam pertemuan di Tokyo. (Tangkapan layar YouTube.)
Presiden Jokowi dan PM Fumio Kishida dalam pertemuan di Tokyo. (Tangkapan layar YouTube.)

SUARAKARYA.ID: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyambut baik sejumlah investasi baru Jepang di Indonesia, dan menghargai proyek-proyek yang diselesaikan tepat waktu, dan juga mengundang investasi baru Jepang lainnya di berbagai bidang.

Hal ini disepakati ketika Presiden Jokowi melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Jepang Kishida Fumio di Kantor Perdana Menteri Jepang, Tokyo, Rabu (27/7/2022).

"Kita sepakat protokol perubahan IJEPA (Indonesian-Japan Economic Partnership Agreement) dapat diselesaikan dan ditandatangani pada KTT G20 di Bali, November mendatang," ungkapnya.

Baca Juga: Daerah Terdepan, Pos Lintas Batas Negara Kaltara Terang, Komitmen PLN Listriki Penjuru Negeri

Secara khusus, Presiden Jokowi meminta agar Jepang dapat memberikan dukungan penurunan tarif untuk beberapa produk, antara lain tuna, pisang, nanas, dan akses pasar untuk produk-produk mangga.

Presiden juga menyampaikan beberapa proyek strategis agar bisa dipercepat penyelesaiannya. Antara lain, MRT Jakarta untuk North dan South-nya kemudian Fase II dan juga East-West untuk Fase I. Kemudian, kawasan industri di Papua Barat, perluasan Pelabuhan Patimban, dan Jalan Tol Akses Patimban.

Indonesia-Jepang juga membahas komitmen kerja sama bagi kelanjutan Proyek Gas Masela.

"Kami terus mengharapkan dukungan pengetahuan dan teknologi baru Jepang untuk mendukung beberapa proyek strategis Indonesia, terutama untuk hilirisasi komoditas alam, pengembangan mobil dan motor listrik, serta sektor kesehatan dan pangan," kata Jokowi.

Baca Juga: Ini Dia Penginapan Mewah Bagi Peserta Piala Dunia 2022 Qatar, Sebagian Besar No Alkohol

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Profil  Permaisuri Camilla Istri Pangrran Charles III

Kamis, 15 September 2022 | 05:59 WIB
X