• Sabtu, 1 Oktober 2022

Terima Kunjungan Menlu Vietnam, Presiden Jokowi Bahas Batas ZEE, Perdagangan dan Investasi

- Rabu, 20 Juli 2022 | 23:46 WIB
Presiden Jokowi saat menerima kunjungan Menlu Vietnam Bui Thanh Son dan delegasivdi Istana Negara Jakarta.  (BPMI Setpres.)
Presiden Jokowi saat menerima kunjungan Menlu Vietnam Bui Thanh Son dan delegasivdi Istana Negara Jakarta. (BPMI Setpres.)

SUARAKARYA.ID: Presiden Joko Widodo (Jokowi) menekankan pentingnya perundingan batas zona ekonomi eksklusif (ZEE) antara Indonesia dan Vietnam sesegera mungkin.

Hal ini terungkap ketika Presiden Jokowi menerima kunjungan kehormatan Menteri Luar Negeri (Menlu) Vietnam, Bui Thanh Son, bersama delegasi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (20/7/2022).

"Tim teknis para negosiator kedua negara (harus segera dibentuk) untuk mempercepat perundingan sehingga dapat segera diselesaikan," kata Menlu Retno Marsudi dalam keterangannya selepas mendampingi Presiden.

Baca Juga: Jenderal Dudung Beri Kuliah Umum di Universitas Jambi, Tekankan 4 Poin Penting Jaga Persatuan dan Kesatuan

Selain masalah perundingan batas ZEE, Presiden Jokowi menekankan dua hal yang perlu diperhatikan Menlu Retno saat melakukan pertemuan komisi bersama dengan Menlu Vietnam.

Pertama, di bidang perdagangan. Kalau dilihat trennya, maka perdagangan antara kedua negara terus mengalami peningkatan.

Target pemenuhan perdagangan 10 miliar dolar AS telah terlampaui. Oleh karena itu, Presiden menegaskan penting bagi kedua negara untuk menetapkan target baru untuk beberapa tahun ke depan.

Baca Juga: BPPSDMP Kementan Rekonsiliasi dan Konsolidasi Monev Program dan Kegiatan

"Ini nanti akan kita bahas pada saat pertemuan kedua menteri luar negeri,” ujar Menlu Retno dalam siaran video di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Profil  Permaisuri Camilla Istri Pangrran Charles III

Kamis, 15 September 2022 | 05:59 WIB
X