• Sabtu, 1 Oktober 2022

Kemdagri dan Kemlu Data Penduduk WNI di Jeddah Arab Saudi, Diaspora: Mudah dan Cepat Terima KTP-EL

- Sabtu, 16 Juli 2022 | 17:00 WIB
Kemdagri dan Kemlu mendata penduduk WNI di Jeddah Arab Saudi yang ditinjau langsung oleh Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh dan Konjen Jeddah Eko Hartono  yang diakui diaspora bahwa pelayanan  mudah dan cepat menerima KTP-EL (AG Sofyan )
Kemdagri dan Kemlu mendata penduduk WNI di Jeddah Arab Saudi yang ditinjau langsung oleh Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh dan Konjen Jeddah Eko Hartono yang diakui diaspora bahwa pelayanan mudah dan cepat menerima KTP-EL (AG Sofyan )
 
 
SUARAKARYA.ID: Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) dan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) data penduduk WNI di Jeddah Arab Saudi.
 
Dirjen Dukcapil Zudan Arif Fakrulloh dan Konjen Jeddah Eko Hartono bersama-sama  menjalankan misi negara untuk memberikan perlindungan WNI di luar negeri dengan diawali mendata WNI di Jeddah, Arab Saudi pada Kamis (14/7/2022).
 
Dirjen Zudan berkolaborasi dengan Konsulat Jenderal RI dan Konsul Imigrasi RI serta Sekolah Indonesia di Jeddah, Arab Saudi.
 
 
"Saat saya berada di Jeddah, telah dilakukan pendataan kependudukan dan membuatkan KTP-el untuk WNI di luar negeri," kata Dirjen Zudan dari Arab Saudi melalui pesan WhatsApp kepada suarakarya.id.
 
Dari penuturan Arin, salah seorang siswi sekolah Indonesia mengaku sangat senang bisa mendapatkan KTP-el dari hasil pendataan tersebut.
 
 
"Saya anak hasil perkawinan campur ayah saya Yaman, ibu saya WNI. Tahun 2019 saya menjadi WNI dan kemarin saya mendapatkan KTP dengan Nomor Induk Tunggal atau NIT," ungkap Arin senyum bahagia.
 
Tak kurang bahagianya, Sutikno seorang guru Sekolah Indonesia di Jeddah mengucapkan terima kasih kepada Dirjen Zudan atas upaya yang luar biasa menerbitkan dokumen kependudukan bagi para Diaspora Indonesia di luar negeri.
 
 
"Terima kasih Bapak Dirjen Dukcapil atas kesempatan yang sudah kami pihak sekolah selama tunggu berpuluh-puluh tahun, khususnya siswa sekolah Indonesia Jeddah, yakni mendapatkan NIT sehingga para siswa dapat melanjutkan pendidikannya di Indonesia," kata Sutikno. 
 
Dirjen Zudan menegaskan bagi para Diaspora Indonesia dapat diberikan kemudahan membuat NIT dan mencetak KTP-el di perwakilan RI terdekat di negara domisilinya.
 
 
"Jangan lupa tunggu kami di negara berikutnya," kata Dirjen Zudan.
 
Konjen RI Jeddah Eko Hartono membuka pintu seluas-luasnya untuk masyarakat hadir mengurus NIT dan merekam KTP EL di KJRI Jeddah
 
Sedangkan pendataan untuk 1150 siswa SIJ akan dilanjutkan bulan September dan Oktober 2022.
 
 
Adapun selama 4  hari kegiatan pendataan WNI oleh Tim Dukcapil bersama KJRI diisi dengan kegiatan pelatihan dan praktik pelayanan adminduk bagi pegawai KJRI, rapat koordinasi pencocokan data, dan pelayanan langsung kepada masyarakat WNI di  Jeddah
 
Tim Dukcapil bersama KJRI  telah berhasil memproses 70 dokumen yang langsung diserahkan kepada pemohon yang bersangkutan. 
 
 
Jumlah itu terdiri penerbitan NIT sebanyak 11 orang pemohon, perekaman KTP-EL 17 orang, pelayanan dokumen digital sebanyak 34 orang dan pengaktifan NIK sebanyak 8 pemohon.
 
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian sangat mengapresiasi pelayanan yang dilakukan anak buahnya di Dukcapil berkolaborasi dengan Kemlu.
 
 
"Bayangkan berapa biaya yang harus dikeluarkan oleh WNI bila harus pulang ke Indonesia untuk buat KTP-EL. Dengan pelayanan ini maka WNI di LN sangat terbantu. Ini akan berdampak positif bagi masyarakat WNI di luar negeri, bahwa negara hadir melayani dimanapun WNI berada" pungkas Tito Karnavian.***

Editor: Markon Piliang

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Profil  Permaisuri Camilla Istri Pangrran Charles III

Kamis, 15 September 2022 | 05:59 WIB
X