• Selasa, 16 Agustus 2022

Tiba di Istana Maryinsky, Jokowi Disambut Jabat Tangan Erat Presiden Zelensky

- Rabu, 29 Juni 2022 | 23:34 WIB
Presiden Jokowi dan Presiden Zelensky. (Tangkapan layar BPMI Setpres.)
Presiden Jokowi dan Presiden Zelensky. (Tangkapan layar BPMI Setpres.)

SUARAKARYA.ID: Presiden Joko Widodo (Jokowi) disambut Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di pintu masuk Istana Maryinsky, Kyiv, Rabu (29/6/2022) sore sekitar pukul 15.00 waktu setempat.
 
Dilaporkan Biro Pers, Nedia dan Informasi Sekretariat Presiden RI, setelah penyambutan, kedua pemimpin negara tersebut masuk ke dalam Istana untuk melakukan sesi foto bersama dan dilanjutkan pertemuan tete-a-tete.
 
Turut mendampingi Presiden Jokowi yaitu Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet (Setkab) Pramono Anung.

Baca Juga: Terdakwa Adam Deni Gearaka Banding, Ni Made Dwita Pikir-pikir Dengan Hukumannya

Sebelumnya, Menlu Retno Marsudi telah mematangkan persiapan pertemuan bilateral antara Presiden Jokowi dan Presiden Zelenskyy di Istana Maryinsky, Kyiv, Ukraina,

Menlu Retno sendiri telah bertemu dengan Menlu Ukraina Dmytro Kuleba, Rabu (29/6/2022) pagi waktu setempat.

"Kita membahas persiapan terakhir sebelum kedua Presiden melakukan pertemuan bilateral pada siang hari ini," ujar Menlu Retno dalam keterangannya di Kyiv, seperti dirilis di laman resmi Kemenlu mengutip sumber BPMI Setpres.

Baca Juga: Mesin Politik Partai Golkar, PAN Dan PPP Bekerja Masif, KIB Bisa Memenangkan Pemilu 2024 Dengan Suara Berlipat

Sebelumnya, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana beserta rombongan terbatas tiba di Kyiv, Ukraina, pukul 08.50 waktu setempat.

Sejam kemudian, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana melakukan kunjungan di Kota Irpin, sekitar 30 kilometer dari Kyiv, dan meninjau reruntuhan gedung-gedung yang terdampak perang. 

Dalam kunjungan ke Irpin, Presiden Jokowi dan Ibu Negara didampingi atau diterima oleh Wali Kota Irpin dan dijelaskan mengenai kondisi Kota Irpin di mana sekitar lebih dari 70 persen bangunan yang ada terdampak karena perang.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X