• Minggu, 3 Juli 2022

Indonesia Terpilih Menjadi Anggota Governing Council APCICT

- Senin, 30 Mei 2022 | 08:23 WIB
 (Foto: Kemenlu RI.)
(Foto: Kemenlu RI.)

SUARAKARYA.ID: ​Indonesia terpilih menjadi anggota Governing Council of the Asian and Pacific Centre Training Centre for Information and Communication Technology for Development (APCICT) dalam pertemuan pencalonan anggota APCICT dalam rangkaian Sidang Komisi ESCAP ke-78 yang sedang berlangsung di Bangkok, 23-27 Mei 2022.

Indonesia kembali dipercaya oleh masyarakat internasional," kata Duta Besar RI untuk Thailand  Rachmat Budiman di Bangkok, Jumat (27/5/2023) seperti dilaporkan di laman resmi Kemenlu.

Terpilihnyan  iIndonesia sebagai anggota APCICT ditetapkan tanggal 24 Mei 2023 ⁹bersama dengan Banglades, Kamboja, India, Kazakhstan, Filipina, Rusia dan Thailand untuk periode 3 tahun (2022-2025).️ Dalam pertemuan ini, Indonesia hanya mencalonkan pada Governing Council APCICT.

Baca Juga: Final Liga Champion, Real Madrid Rileks Jelang Lawan Liverpool

Menurut Kemenlu RI, pemilihan dilakukan berdasarkan mayoritas suara yang masuk (majority of votes casted) untuk 8 posisi anggota di masing-masing Governing Council of Regional Institutions.

Sebagai rangkaian dari Sidang Komisi ESCAP ke-78 yang sedang berlangsung dari tanggal 23-27 Mei 2022, telah dilakukan pemilihan anggota Governing Councils of the Asian and Pacific Centre Training Centre for Information and Communication Technology for Development (APCICT), the Asian and Pacific Centre for the Development of Disaster Information Management (APDIM), the Centre for Sustainable Agricultural Mechanization (CSAM) dan Statistical Institute for Asia and the Pacific (SIAP).

APCICT atau Pusat Pelatihan Asia dan Pasifik untuk Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Pembangunan diresmikan pada 16 Juni 2006 sebagai Institut Regional Komisi Ekonomi dan Sosial untuk Asia dan Pasifik (ESCAP), dan terletak di Incheon, Republik Korea.

Baca Juga: Menko Airlangga Bertemu PM Mark Rutte, Dorong Ekspansi Kerja Sama Baru Ekonomi RI-Belanda

Dipandu oleh Agenda 2030 untuk Pembangunan Berkelanjutan dan Tujuan Pembangunan yang disepakati secara internasional, tujuan pusat ini adalah untuk membangun dan memperkuat kapasitas anggota dan anggota ESCAP untuk memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk tujuan pembangunan sosial-ekonomi.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Sumber: Kemenlu RI

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X