• Kamis, 26 Mei 2022

Pidato Jokowi Di KTT Global Covid-19 2022: Setiap Negara Harus Punya Akses Setara Terhadap Solusi Kesehatan

- Sabtu, 14 Mei 2022 | 05:57 WIB
Presiden Jokowi (Tangkapan layar YouTube.)
Presiden Jokowi (Tangkapan layar YouTube.)

SUARAKARYA.ID: Dalam rangkaian kunjungan kerja ke Amerika Serikat, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkesempatan menyampaikan pidatonya pada pertemuan virtual Global Covid-19 Summit di Washington DC, AS, Kamis (12/05/2022), yang dihadiri para pemimpin dunia termasuk tuan rumah Presiden AS Joe Biden.

Berikut transkrip pidato Presiden Jokowi di KTT Global Covid-19 ke-2 tersebut, yang dirilis BPMI Setpres di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Baca Juga: Jakarta Bakal Dibanjiri Bus Listrik, 100 Armada Diimpor Dari Inggris

Presiden Biden, para pemimpin dunia yang saya hormati,

Pandemi Covid-19 memberikan pelajaran yang sangat berharga bagi kita. Ketahanan kesehatan dan kesiapsiagaan dunia terhadap pandemi ternyata tidak cukup kuat. Akibatnya, harga yang harus kita bayar sangatlah mahal, jutaan orang yang kehilangan nyawanya dan perekonomian dunia pun mengalami keterpurukan.

Oleh karenanya, kita harus bekerja sama mengatasi pandemi serta membangun arsitektur kesehatan dan kesiapsiagaan dunia yang lebih kuat. Untuk mengatasi pandemi, percepatan vaksinasi harus dilakukan untuk menjangkau 70 persen penduduk setiap negara.

Baca Juga: SEA Games Vietnam: Kickboxing Sumbang Dua Emas, Indonesia Peringkat Tiga Perolehan Medali

Momentum turunnya jumlah kasus saat ini harus dimanfaatkan untuk meluncurkan pukulan terakhir terhadap Covid-19. Vaksin harus secepatnya menjadi vaksinasi. Kolaborasi kita harus menjembatani tantangan vaksinasi, mulai dari pembiayaan, logistik, dan sumber daya manusia.

Sementara itu untuk membangun arsitektur kesehatan dan kesiapsiagaan dunia yang lebih kuat, paling tidak diperlukan tiga hal.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kasad Terima Atase Darat Amerika Serikat

Kamis, 12 Mei 2022 | 23:14 WIB
X