• Jumat, 27 Mei 2022

Hadiri KTT ASEAN-AS, Jokowi Ingin Jadikan Indo-Pasifik Kawasan Damai, Stabil, Sejahtera

- Selasa, 10 Mei 2022 | 18:07 WIB
Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana bertolak ke Washington DC, AS. (Tangkapan layar YouTube.)
Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana bertolak ke Washington DC, AS. (Tangkapan layar YouTube.)

SUARAKARYA.ID: Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana Joko Widodo bertolak menuju Washington DC, Amerika Serikat (AS), Selasa (10/5/2022) pagi. Rangkaian pertemuan akan dihadiri Presiden Jokowi dalam kunjungan kerja ke AS, 11-13 Mei 2022.

“Pagi ini, saya dan delegasi akan berangkat melaksanakan kunjungan kerja ke Washington DC dari tanggal 11 sampai 13 Mei 2022,” ujar Presiden dalam keterangannya di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, sesaat sebelum lepas landas, disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Bersama pemimpin ASEAN lainnya, Presiden Jokowi akan berpartisipasi dalam rangkaian pertemuan KTT Khusus ASEAN-AS atau ASEAN-US Special Summit (AUSS) selama dua hari.

Baca Juga: Survei LKPI - Airlangga Jadi Capres Paling Dipilih, Elektabilitas Partai Golkar Teratas

Selain melakukan pertemuan dengan anggota Kongres, Presiden Jokowi akan bertemu dengan para CEOs besar AS. Kemudian, Presiden akan melakukan pertemuan dengan Wapres AS Kamala Harris dan Tim Perubahan Iklim Amerika.

Sebagai puncaknya, Presiden akan melakukan pertemuan Tingkat Tinggi a
Pemimpin ASEAN dan Presiden AS Joe Biden.

Menurut Presiden, sebagai koordinator kemitraan ASEAN-AS periode 2021-2024, Indonesia berharap KTT Khusus ini akan menghasilkan kerja sama yang dapat berkontribusi bagi perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan.

Baca Juga: Raffi Ahmad Siap Tempuh Jalur Hukum Bila Benar Foto KTP-nya Disalahgunakan Medina Zein

Presiden Jokowi juga menegaskan bahwa dengan ASEAN Outlook on the Indo-Pacific, ASEAN siap bersinergi dengan seluruh negara mitra ASEAN, termasuk AS, dalam mengembangkan kerja sama konkret yang inklusif dan saling menguntungkan.

Halaman:

Editor: Pudja Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kasad Terima Atase Darat Amerika Serikat

Kamis, 12 Mei 2022 | 23:14 WIB
X